androidvodic.com

BMKG Peringatan Dini Cuaca Besok 11 April 2020: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Jabodetabek - News

News - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem, diperkirakan terjadi besok, Sabtu (11/4/2020).

Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir pada hari ini, Jumat (10/4/2020) pukul 20:45 WIB.

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Banten, di Selat Karimata, dan di Perairan Kep. Tanimbar.

Kondisi tersebut secara tidak langsung akan membentuk area pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Samudera Hindia Selatan hingga Barat Daya Banten, dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, hingga Selat Karimata, serta di Laut Arafuru bagian Barat.

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di wilayah Samudera Hindia Barat Aceh.

Baca: BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstem 11-12 April 2020, Berikut Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Kondisi ini memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah pertemuan angin dan daerah sirkulasi siklonik tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal juga terdapat di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir besok Sabtu hingga Minggu, dikutip dari bmkg.go.id.

Sabtu, 11 April 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah:

- Nusa Tenggara Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Utara

- Kalimantan Timur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat