androidvodic.com

Kementerian PANRB Sebut Manajemen Resiko E-Government Jadi Peluang Tingkatkan Kinerja Organisasi - News

Laporan wartawan News, Mafani Fidesya Journey

News, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) mengatakan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government memiliki dampak negatif dan positif.

Faktor internal dan eksternal organisasi sangat mempengaruhi penerapan SPBE.

Organisasi pemerintahan perlu manajemen risiko sebagai pendekatan sistematis yang meliputi proses, pengukuran, struktur dan budaya untuk menentukan tindakan terbaik terkait risiko SPBE.

Seperti yang dijelaskan dalam Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna.

Penyelenggaraannya mencakup pengaturan unsur-unsur dan manajemen SPBE.

Baca: Minum Es Teh Saat Berbuka Tidak Cocok Bagi Penderita Darah Rendah

“Risiko harus kita kelola sehingga tujuan dari penerapan SPBE bisa berjalan dengan baik,” ujar Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Imam Machdi dalam Webinar Ajang Komunikasi dan Sosialisasi (AKSI) SPBE, Rabu (06/05/2020).

Imam menyontohkan manajemen risiko dari pandemi Covid-19 yang bisa menimbulkan risiko positif dan negatif.

Beberapa dampaknya adalah refocusing kegiatan pemerintahan, perubahan target, perubahan pelaksanaan anggaran, dan potensi tidak bisa memenuhi target.

Baca: AHY Instruksikan Kader Demokrat Turun Langsung Bantu Warga Terdampak Covid-19

Dengan banyaknya dampak negatif bisa menjadi momentum mencari cara kerja yang lebih efektif.

Risiko positifnya, banyak orang yang menerapkan teknologi informasi di instansinya dan korespondensi online bisa dimanfaatkan untuk penandatanganan surat.

“Dengan semua ini, maka apa yang kita lakukan merupakan prinsip manajemen risiko,” ungkap Imam.

Dosen Prodi Sistem Informasi Telkom University Rahmat Mulyana yang juga hadir sebagai pembicara menjelaskan pentingnya penerapan SPBE.

Terutama dari segi manajemen risiko, apabila tidak diterapkan dengan baik justru menciptakan inefisiensi anggaran dan kinerja organisasi.

Baca: Materi SD Kelas 4-6 Belajar dari Rumah 7 Mei, Cara Membuat Kerajinan Origami dengan Bahan Sederhana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat