androidvodic.com

Ibadah Haji Tahun Ini Belum Pasti, DPR Minta Menag Proaktif Hubungi Kerajaan Arab Saudi - News

News, JAKARTA - Kementerian Agama menunda pengumuman soal kepastian penyelenggaraan haji tahun 2020 dari yang semula dijadwalkan 20 Mei menjadi awal Juni mendatang.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Menteri Agama Fachrul Razi untuk berkomunikasi dengan pihak Kerajaan Arab Saudi terkait dilaksanakan tidaknya ibadah haji tahun ini. 

"Yang kami harapkan kepada Menteri Agama sebetulnya adalah sikap pro-aktif untuk berkomunikasi langsung dengan pihak Kerajaan Arab Saudi agar memastikan apakah dilaksanakan atau tidak ibadah haji tahun ini," ujar Ace, ketika dihubungi News, Kamis (21/5/2020). 

Menurut Ace, hingga saat ini pihak Arab Saudi belum memberikan keterangan apapun tentang rencana pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Sementara Fachrul awalnya berkomitmen akan memutuskan kepastian keberangkatan jamaah pada tanggal 20 Mei dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI

Kepastian akan jadi tidaknya jamaah berangkat sangatlah penting, karena jika memang jadi diberangkatkan Ace menilai Indonesia perlu mempersiapkannya dengan semaksimal mungkin.

Sehingga keselamatan dan kesehatan calon jamaah haji Indonesia terjamin dan tidak tertular Covid-19. 

"Indonesia ini merupakan negara muslim terbesar yang memberangkatkan calon jemaah haji ke Arab Saudi. Perlu persiapan yang cukup untuk memastikan kesehatan dan keselamatan calon jamaah," kata dia. 

"Selain itu, sebagian latar belakang usia calon jemaah haji kita di atas 50 tahun. Jadi sangat rentan terpapar virus corona atau Covid-19," imbuh dia. 

Lebih lanjut, politikus Golkar tersebut mengimbau agar Fachrul tak mengambil keputusan sebelum mendapat keterangan resmi dari pihak Arab Saudi. 

"Kami akan meminta kepada Menteri Agama untuk segera Rapat dengan Komisi VIII untuk membahas tentang wacana tidak memberangkatkan haji tahun ini. Jadi sebaiknya Menteri Agama jangan mengambil keputusan sebelum ada keterangan resmi dari pihak Arab Saudi dan rapat dengan Komisi VIII DPR RI," tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama menunda pengumuman soal kepastian penyelenggaraan haji tahun 2020 dari yang semula dijadwalkan 20 Mei menjadi awal Juni mendatang.

Menteri Agama, Fachrul Razi, mengatakan penundaan ini dilakukan setelah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo.

Dalam arahannya, Jokowi meminta supaya batas penyampaian pengumuman diundur dengan harapan ada perkembangan baik di Indonesia dan Arab Saudi terkait rencana penyelenggaraan ibadah haji dan wabah Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat