androidvodic.com

Mensos Ajak Pegawai Halal Bihalal Virtual, Ini Pesan-pesan yang Dia Sampaikan - News

Laporan wartawan News, Mafani Fidesya Hutauruk

News, JAKARTA - Kementerian sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menggelar acara Halal Bihalal secara virtual melalui aplikasi Zoom, Selasa, (26/05/2020).

Dalam kesempatan itu Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dan Sekjen Kemensos Hartono Laras mengucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada para peserta Zoom.

Para peserta berasal dari kantor perwakilan kemensos seluruh daerah di Indonesia.

Mensos juga mengajak para pegawai kementerian sosial untuk merenungkan pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

"Untuk merenungkan apa saja yang sudah kita lakukan, kontribusikan kepada keluarga, lingkungan bangsa dan negara juga agama. Selama ini mungkin kita terlalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan kita sehari-hari," ucap Mensos dalam kata sambutannya di Halal Bihalal Virtual Kemensos.

Ia mengatakan dalam suasana hari raya yang penuh dengan keterbatasan, keprihatinan di tengah keheningan digunakan untuk berinstrospeksi.

"Mengingat kembali apa yang sudah kita lakukan sebagai umat beragama. Saya yakin ada maksud di balik kejadian ini. Tuhan yang Mahakuasa memberikan musibah ini, pasti ada maksudnya," ucap Mensos di kediamannya.

Dia mengatakan, Covid-19 yang berasal dari Wuhan dan belum ada vaksinnya kemudian menyebar ke seluruh dunia.

"Hampir seluruh negara, negara yang kaya dan miskin, padat penduduk atau tidak semua terkena. Seluruh pemberitaan semua menggunakan masker, melakukan physical distancing," ucap Mensos.

Pandemi Covid-19 juga membuat keadaan di mana semua sekolah diliburkan, dan hampir semua kantor, menerapkan sistem bekerja dari rumah. 

Baca: Seperti Main Tebak-tebakan, Kebijakan Jokowi Soal Corona Dinilai Tidak Jelas

Tak hanya itu, ia mengatakan Covid-19 juga menyebabkan tempat transportasi seperti terminal dan airport (bandar udara) tidak beroperasi.

"Ini semua terjadi pasti ada message (pesan) yang diberikan Sang Pencipta kepada manusia. Apa sebenarnya message tersebut? ini yang harus kita renungkan," ucap Mensos kepada para pegawai kementerian sosial.

Baca: 671 Travel Gelap Terjaring Operasi Ketupat Jaya 2020 di 30 Hari Terakhir

Mensos mengajak agar dalam hidup ini harus diisi dengan hal-hal yang bersifat non material.

"Bukan hanya mengejar kekuasaan, jabatan, kekayaan, popularitas. Mungkin juga kita kurang peduli terhadap keluarga, bangsa negara," ucap Juliari Batubara.

Baca: Anies Minta untuk Sementara Waktu Jangan ke Jakarta Dulu

Mensos juga bercerita pandemi Covid-19 juga berdampak terhadap kinerja banyak orang terutama dalam kecepatan bekerja.

"Semua aktivitas di seluruh dunia berhenti, dan kalau pun masih harus tetap berlangsung, berlangsung dengan slow motion (lambat). Ibarat sebuah video yang sedang berjalan, sekarang kita seperti sedang dipause (berhenti)," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat