androidvodic.com

Kemendikbud Terbitkan Pedoman Belajar dari Rumah - News

News, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Chatarina Muliana Girsang menyampaikan pedoman ini dibuat untuk memperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.

"Saat ini layanan pembelajaran masih mengikuti SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19," ujar Chatarina melalui keterangan tertulis, Jumat (29/5/2020).

Surat edaran itu menyebut tujuan pelaksanaan belajar dari rumah adalah memastikan pemenuhan hak siswa mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19.

Selain itu, surat edaran ini juga untuk melindungi warga satuan pendidikan, mencegah penyebaran virus corona dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

"Pilihannya saat ini yang utama adalah memutus mata rantai COVID-19 dengan kondisi yang ada semaksimal mungkin, dengan tetap berupaya memenuhi layanan pendidikan," ucap Chatarina.

"Prinsipnya keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala sekolah, dan seluruh warga satuan pendidikan adalah menjadi pertimbangan yang utama dalam pelaksanaan belajar dari rumah," tambah Chatarina.

Kegiatan belajar dari rumah dilaksanakan tanpa tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum. Chatarina menyebut fokus pengajaran adalah kepada tentang pandemi Covid-19.

Menurut Chatarina kegiatan belajar dari rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik.

"Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik," tutur Chatarina.

Para pengajar juga tidak diharuskan memberikan nilai yang bersifat kuantitatif kepada siswa. Hasil belajar peserta didik selama belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif.

Selain itu, aktivitas dan penugasan belajar dari rumah dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan peserta didik sesuai minat dan kondisi masing-masing. Termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat