androidvodic.com

Ketua Komisi VIII DPR Minta Mensos Tuntaskan Data Penduduk Miskin di Periodenya - News

Laporan Wartawan News, Vincentius Jyestha 

News, JAKARTA - Komisi VIII DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Sosial Juliari Batubara, Rabu (24/6/2020). 

Dalam rapat itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengharapkan agar Juliari Batubara dapat menuntaskan permasalahan data penduduk miskin selama periode dirinya bekerja. 

Baca: Hasil Studi: Angka Kemiskinan di AS justru Turun saat Pandemi Covid-19, Begini Alasannya

"Kami berharap di periode Pak Menteri ini data kemiskinan itu tuntas dan itu akan dicatat oleh sejarah bangsa ini," ujar Yandri, kepada Juliari, Rabu (24/6/2020).

Menurut Yandri, penuntasan permasalahan data penduduk miskin tak sulit.

Nantinya Kementerian Sosial, kata dia, dapat saling berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. 

Dia meminta agar data penduduk miskin disisir per kabupaten/kota dan dibagi klusternya untuk mempercepat perbaikan data. 

Dengan begitu, politikus PAN tersebut berharap data penduduk miskin tersebut terlihat perbaikannya dalam dua tahun ke depan dan bisa selesai secepatnya. 

"Sehingga nanti mungkin tahun 2021-2022 sudah kelihatan arah perbaikan itu. Kalau sampai 2023 sudah selesai, wah itu top," jelas dia.

Selain itu, Yandri berharap pemerintah akan memberikan kepercayaan penuh kepada Kemensos sebagai rujukan utama sumber data penduduk miskin

Sehingga tidak akan ada kesimpangsiuran dalam berbagai program bantuan yang disalurkan oleh kementerian dan lembaga lainnya. 

Baca: Mensos Ingatkan Agar Patuhi Protokol Kesehatan di New Normal Pandemi Covid-19

"Kami berharap pemerintah memberikan kepercayaan penuh kepada Kemensos sebagai sumber data utama kemiskinan. Kalau nggak, dia akan simpang siur," kata dia. 

"Karena itu, melalui rapat kerja ini kami mengapresiasi kerja keras Pak Menteri beserta seluruh jajaran tanpa kenal lelah siang malam menangani pandemi Covid-19 ini. Walaupun ada beberapa kelemahan, tapi kita yakin kelemahan itu bisa kita selesaikan dengan baik," tandasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat