androidvodic.com

Pimpinan DPRD DKI: Bantuan bagi Siswa Miskin Sekolah di Swasta Bisa Jadi Solusi Tepat - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menilai solusi paling tepat mengatasi kisruh PPDB 2020/2021 adalah dengan memberikan pembiayaan bagi siswa kurang mampu yang gagal lolos seleksi masuk sekolah negeri, untuk beralih ke swasta.

"Kita solusi yang pertama, pembiayaan untuk anak-anak yang tidak mampu. Anak miskin itu yang kita tuntut, kita meminta pembiayaan untuk anak-anak tidak mampu untuk masuk swasta," kata Zita di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (6/7/2020).

Baca: Zita Bakal Tagih Janji Disdik Beri Bantuan kepada Siswa Tak Mampu yang Terpaksa Sekolah di Swasta

Pemprov DKI kata Zita, bisa meniru cara pemerintah Semarang yang menunjuk 20 persen sekolah swasta untuk jadi partner mereka.

Siswa kurang mampu yang gagal lolos seleksi PPDB bisa dibantu menempuh pendidikan di sekolah swasta, dengan menggratiskan uang pangkal, uang gedung, hingga SPP tahunan sama seperti sekolah negeri.

"Semuanya gratis. Kan kalau di negeri gratis mau uang pangkal, uang gedung, SPP tahunan gratis. Kan ada juga," tutur Zita

Baca: Sekolah Piagam Sebagai Solusi Kekisruhan PPDB

Menurut Zita hal tersebut jadi solusi yang bisa dieksekusi Pemprov DKI. Terlebih saat ini Jakarta masih dilanda dan dihantui wabah Covid-19.

"Kita hidup di masa pandemi Covid-19 dan zona kita itu zona merah, nggak tahu zona hijau kapan. Jadi menurut saya anggarannya mending buat sekolahin anak aja. Dibanding bikin sekolah itu boleh long term. Solusi sekarang nggak mungkin kan anak cuti setahun mau jadi apa negara kita," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat