androidvodic.com

Masjid Istiqlal Tidak Akan Gelar Salat Idul Adha - News

Laporan Wartawan News, Reza Deni

News, JAKARTA - Masjid Istiqlal tidak akan menggelar salat Idul Adha meskipun saat ini masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut sudah selesai direnovasi.

"Instruksi terakhir yang kami terima Istiqlal tidak menggelar salat Idul Adha tingkat kenegaraan tahun ini. Belum ada perubahan," kata Kepala Bagian Protokol Hubungan Masyarakat Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, kepada Tribunnews, Jumat (24/7/2020).

Abu Hurairah mengatakan meski tidak menggelar salat Idul Adha, kegiatan pemotongan hingga psnyaluran hewan kurban tetap dilaksanakan.

Baca: 40 Ucapan Selamat Idul Adha 2020/1441 H, Kirim ke WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter

"Kami hanya persiapan ibadah qurban saja," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah selesai 100 persen.

"Bisa dipakai pas Idul adha. Ini semua sudah 100 persen selesai ya," kata Basuki di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca: Resep Bumbu Sate Kambing untuk Menu Idul Adha 2020, Ini Cara Membuatnya

Sementara itu, jauh sebelum Basuki menyatakan renovasi Istiqlal sudah rampung, sejumlah menteri DAN Imam Besar Masjid Istiqlal menggelar rapat tingkat menteri yang dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy, pada Kamis (9/7/2020).

"Sudah ada diambil kesekapatan tentang penggunaan Masjid Istiqlal. Intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan salat Idul Adha," ujar Muhadjir dalam konferensi pers melalui zoom, Kamis (9/7/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengatakan berdasarkan pertimbangan subyektif dan obyektif Masjid Istiqlal belum memungkinkan untuk melangsungkan salat Idul Adha.

Saat ini Masjid Istiqlal masih menjalani proses renovasi.

"Obyektifnya, kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. Ada yang belum selesai ada pintu masuknya," kata Nasaruddin.

Dirinya meminta dukungan masyarakat agar renovasi Masjid Istiqlal dapat selesai dengan segera.

Pelaksanaan salat Idul Adha tidak memungkinkan karena persiapan yang mepet sementara renovasi belum rampung.

Selain itu, Masjid Istiqlal belum dapat digunakan karena untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kita kedepankan yang wajib baru sunnah untuk kemaslahatan semuanya. Kita beri kesempatan supaya Istiqlal bisa sempurna dan tepat waktu, maka dipilih belum bisa menggelar Idul Adha," kata Nasaruddin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat