androidvodic.com

Jambore Adiwiyata Nasional 2020 Sukses Digelar Via Virtual - News

Laporan Reporter Tribunnews, Choirul Arifin

TRBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kegiatan Jambore Adiwiyata Nasional 2020 sukses diselenggarakan secara virtual selama 22 hari mulai 4 Juli hingga 25 Juli 2020 diikuti ratusan siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Jambore ke-5 tahun ini mengusung tema Gemilang, Gerakan Minat Literasi Lingkungan dengan memberikan pendidikan lingkungan hidup untuk motivasi siswa dan guru lebih peduli dan cinta lingkungan.

Jambore Adiwiyata Nasional kali ini mencakup 10 kegiatan.

Baca: Honda Siap Luncurkan Game Brio Virtual Drift Challenge pada Agustus 2020

Diantaranya adalah Training Of Trainers untuk Penggiat Adiwiyata. Final HPAI IDEA Competition untuk Guru dan siswa SMA/SMK. Gemilang Kreatif bahan sampah plastik, untuk tingkat SD,SMP SMA/SMK. Gemilang kreatif Konten Media Sosial, untuk SMP/SMA/ SMK sederajat.

Ada juga kegiatan Gemilang Kreatif “Mobil Angin” untuk SD sederajat. Gemilang Kreatif Kolase Bahan Alam, adaptasi mitigasi Covid 19 dan Cerdas Gemilang serta pengukuhan pengurus wilayah HPAI.

Para peserta jambore terdiri dari 385 orang TOT, 886 siswa yang terdiri dari 23 provinsi. Diantaranya, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Bangka Belitung, Bali dan Lampung.

Kegiatan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Cicilia Sulastri, SH, M.Si (Kepala Puslatmas dan PGL KLHK), Dra. Asri Tresnawati (Kepala Bidang Puslatmas dan PGL KLHK), Hapsah Nur Hapsari, S.Hut (Instruktur Ahli Pertama), Dr. Meuthia Naim, S.Si.,M.A (Widyaiswara Ahli Madya KLHK), Rosalia Sri Hartati, M.Pd (DPP HPAI), Dra. Sri Yunitta (DPP HPAI), Afrianto Noor (ANIMO).

Baca: Wapres Maruf Ikut Hadir dalam Pelantikan Pamong Praja Muda IPDN Secara Virtual

Jambore diakhiri dengan penilaian para juara. Pemenang terbagi atas kategori HPAI Idea Competition 2019-2020. Lomba Cerdas Gemilang. Lomba Daur Ulang Semangat Kurangi Plastik. Lomba Kreatif Konten Kampanye Lingkungan dan Lomba Gemilang Inovasi yang sangat menarik perhatian.

Pada sesi penutupan dilakukan pengukuhan 21 DPW HPAI oleh Ketua HPAI, Sri Nuryati, M.Pd.

Juara HPAI Idea Competition 2019-2020 terdiri dari Lomba Strategi Mengajar Berbasis Lingkungan Tingkat SD/Mi (Guru) dan Lomba Strategi Mengajar Berbasis Lingkungan Tingkat SMP/Mts (Guru) dengan kategori SD, SMP, SMA atau SMK dan Lomba Inovasi lingkungan.

Lomba Cerdas Gemilang yang terbagi juara satu dan hiburan.

Ada juga Lomba Daur Ulang Semangat Kurangi Plastik Tingkat SD, dan tingkat SMP/SMA/SMK/MA yang terbagi dalam dua, terbaik 2 dan terbaik 2.
Lomba Kreatif Konten Kampanye Lingkungan dengan Juara 1, Juara 2, Juara 3 dan Hadiah Hiburan.

Terakhir, Lomba Gemilang Inovasi Tingkat SD (Membuat Mobil Angin), Tingkat SMP (Membuat Kolase dari bahan alam dan sampah) dan Tingkat SMA/SMK (Inovasi Penangan Pandemi Covid-19).

Event CSR PT Astra International Tbk dan program tahunan Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) ini mendapat dukungan langsung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat