androidvodic.com

3 Pejabat Ini Positif Covid-19 Setelah Bertemu Presiden Jokowi - News

News, JAKARTA -  Virus corona yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 penularannya bisa mengenai siapa saja, termasuk pejabat negara.

Setidaknya ada tiga pejabat yang dinyatakan positif Covid-19, bahkan mereka sempat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

Ketiga pejabat itu yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, dan terakhir Gubernur Kepulauan Riau Isdianto.

Setelah Budi Karya dan Achmad Purnomo diketahui positif Covid-19, Presiden Jokowi melakukan swab test Covid-19. Hasilnya, Jokowi diketahui negatif virus corona.

Akan tetapi, setelah Isdianto diketahui terpapar virus corona, Jokowi tidak menjalani swab test seperti sebelumnya.

Baca: Saat Dilantik Jokowi, Gubernur Kepri Isdianto Masih Negatif Covid-19, Dia Tertular dari Ajudannya

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan bahwa Jokowi tidak lagi menjalani swab test, karena baru saja menjalani tes pemeriksaan Covid-19 itu beberapa hari sebelumnya.

Selain itu, menurut Heru, pelantikan Isdianto juga sudah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ke Istana, Isdianto menjalani swab test dan hasilnya negatif.

Berikut rangkumannya:

1. Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif corona Covid-19 pada Sabtu (14/3/2020).

Pengumuman Budi terjangkit virus corona itu disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno didampingi Wakil Kepala RSPAD Budi Sulistya.

Budi Karya menjadi pasien ke-76 yang positif Covid-19 di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ist)

Tiga hari sebelum diumumkan positif, Budi Karya masih sempat menghadiri rapat di Istana, yakni pada Rabu (11/3/2020). Rapat itu dipimpin Presiden Jokowi dan diikuti sejumlah menteri.

Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memastikan Istana Kepresidenan sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Salah satunya adalah pemeriksaan suhu tubuh.
Ia memastikan bahwa pemeriksaan suhu tubuh dilakukan konsisten terhadap semua menteri, termasuk Budi Karya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat