androidvodic.com

Kepala BNPB: Inovasi Dibutuhkan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Doni Monardo menilai inovasi teknologi sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana.

Hal ini disampaikan Doni saat memberikan sambutan secara virtual pada perayaan HUT ke-42 BPPT dengan tema "Membangun Ekosistem Inovasi Teknologi untuk Indonesia Maju" yang digelar Senin (24/8/2020).

"Memberikan kontribusi nyata dalam penanganan bencana khususnya terkait kebakaran hutan dan lahan. Terutama dengan pemanfaatan teknologi modifikasi cuaca untuk hujan buatan," ujar Doni.

Baca: Gandeng BNPB, UI Terbitkan Buku Pengalaman Indonesia Tangani Wabah Covid-19

Di masa pandemi Covid-19, Doni mengatakan lembaga riset dan inovasi turut berkontribusi dalam penanganan penyebaran virus corona.

Dirinya menyontohkan inovasi yang dilakukan oleh BPPT di tengah pandemi Covid-19 ini. Terdapat sejumlah produk inovasi yang bermanfaat untuk penanganan Covid-19.

"Di masa Pendemi ini pun BPPT berkontribusi turut membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, dengan melahirkan produk inovasi buatan anak bangsa," tutur Doni.

Baca: BNPB Datangkan Helikopter Chinook untuk Bantu Penanganan Bencana

Beberapa inovasi dalam negeri, Doni mengatakan telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo saat Hari Kebangkitan Nasional.

"Produk-produk tersebut sudah mampu diproduksi secara massal di dalam negeri," pungkas Doni.

Terdapat sembilan produk inovasi anak bangsa yang digunakan untuk penanganan Covid-19. Produk tersebut diantaranya, (1) PCR Test Kit Covid-19; (2) Rapid Diagnostics Test IgG/IgM Covid-19; (3) Emergency Ventilator #BPPT3S - VENT-I; (4) Imunomodulator Herbal Asli Indonesia; (5) Plasma Convalesence; (6) Mobile Lab BSL-2; (7) Sistem Artificial Intelligence (AI) untuk Deteksi Covid-19; (8) Medical Assistant Robot Raisa - Autonomous UVC Mobile Robot; dan (9) Powered Air Purifying Respirator.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat