androidvodic.com

Selain DKI, Ini Wilayah yang Disiapkan Hotel Karantina oleh Pemerintah Pusat  - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA  - Pemerintah menyiapkan fasilitas hotel untuk karantina pasien positif yang tidak bergejala (OTG) di sejumlah wilayah yang tingkat penyebaran kasusnya tinggi.

Selain DKI Jakarta, fasilitas hotel tersebut akan diberikan di sejumlah kabupaten atau kota lainnya diantaranya Medan, Depok, Bekasi, Semarang, dan Surabaya. 

"Jabar khususnya Depok dan Bekasi, Sumut yakni di Medan, Semarang dan Surabaya juga. Jadi di kota-kota ini, selain tempat isolasi dan karantina mandiri yang disiapkan Pemda, pemerintah pusat juga siapkan hotel bintang 2-3," kata Doni usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (14/9/2020).

Selain hotel Ruang isolasi bagi OTG dan pasien bergejala ringan tersebut menurut Doni juga akan disiapkan oleh pemerintah daerah. 

Khusus untuk DKI Isolasi mandiri bagi mereka yang OTG dan bergejala ringan juga disiapkan flat di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Dari 1600 tempat tidur yang sudah siap, baru 85 persen yang terisi.

Masyarakat menurut Doni bisa mendaftar melalui Puskesmas di daerah masing-masing. Selain itu informasi keterisian flat mandiri tersebut dapat dilihat di data Puskes TNI. 

Baca: Menteri Erick Akan Gabung 22 Hotel Milik BUMN

"Ini bisa diikuti secara real time lewat data puskes TNI dan siapa saja yang nanti diterima adalah mereka yang sudah dapat rekomendasi/rujukan dari puskesmas daerah masing-masing," katanya.

Menurut Doni, khusus untuk DKI penggunaan hotel untuk isolasi dilakukan apabila flat mandiri di Wisma Atlet penuh. Dari dua tower yang disiapkan untuk karantina, baru satu tower yang beroperasi yakni tower 4. 

"Kami juga sudah sampaikan kepada DKI apabila flat (tower) 4 dan 5 ini tidak lagi mencukupi maka kita telah siapkan hotel di wilayah terdekat baik di Jakpus, Jaktim, Jakbar, dan Jaksel," pungkasnya.

Sebelumnya pada Sabtu lalu Doni mengatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan sejumlah hotel di beberapa provinsi yang kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. 

Dengan adanya hotel untuk menampung pasien Covid-19,  maka pasien pasein tanpa gejala (OTG) yang selama ini dirawat di Gelanggang Olahraga (GOR) dapat dipindahkan.

Baca: Pendapatan Menurun Selama Pademi Covid-19, Pedagang Bersyukur Terima Bantuan Mulyadi

"Kalau toh nantinya ini sudah bisa terpenuhi berarti fasilitas yang ada seperti gelanggang olahraga itu bisa nantinya dialihkan kepada hotel yang tersedia," kata Doni di RS Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu, (12/9/2020).

Adapun hotel yang disiapkan yakni hotel bintang

Baca: Doni Monardo Akui Kecepatan Tes Spesimen Covid-19 Belum Optimal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat