androidvodic.com

HUT TNI Ke-75, Mabes TNI Gelar Donor Darah 1.000 Orang dan Bagikan 10 Ribu Paket Sembako - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Menyambut HUT Ke-75 TNI yang akan jatuh pada 5 Oktober 2020, Markas Besar (Mabes) TNI menggelar acara donor darah 1.000 orang dan membagikan total sebanyak 10 ribu paket sembako kepada masyarakat dan di lingkungan satuan kerja TNI.

Dalam acara donor darah tersebut, Mabes TNI bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia.

Sebanyak 1.000 peserta donor darah dalam kegiatan itu terdiri dari 500 prajurit TNI, 50 anggota Polri, 200 PNS, 10 Dharma Pertiwi, dan 240 komponen bangsa lainnya.

Baca: Terungkap Sumber Dentuman di Jakarta, TNI AU Sebut Itu Efek Ledakan TNT pada Kegiatan Paskhas

Baca: Sepekan, Dua Prajurit Terbaik TNI Gugur Dibunuh KKSB di Intan Jaya Papua

Di hari yang sama, kegiatan donor darah itu secara serentak juga dilaksanakan di 86 instansi TNI di seluruh Indonesia yang terpusat di Mabes TNI.

Selain itu, sebelumnya sejak 4 sampai 21 September 2020 juga telah dilaksanakan donor darah dalam rangka HUT Ke-75 TNI di 100 kantor PMI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain melaksanakan kegiatan donor darah, Mabes TNI juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah Jabodetabek dengan mengerahkan 20 orang personel Babinsa, 20 personel Babinpotmar, dan 20 personel Babinpotdirga.

Selain itu paket sembako juga dibagikan untuk masyarakat di wilayah satuan kerja TNI antara lain Kogartap I/Jakarta, Kogartap II/Bandung, Kogartap III/Surabaya dan Kogabwilhan II di Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya ketika membuka acara Donor Darah dan Pemberian Sembako Dalam Rangka HUT Ke-75 TNI Tahun 2020, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan sebuah kehormatan bagi TNI dapat berkolaborasi dengan PMI dalam kegiatan tersebut.

TNI sebagai salah satu pilar bangsa, kata Hadi, senantiasa menjaga komitmennya kepada seluruh rakyat Indonesia untuk selalu bersama rakyat dalam situasi apapun termasuk di masa masa sulit akibat pandemi virus corona.

"Kegiatan ini menjadi wujud kepedulian sosial dan bakti keluarga besar TNI ntuk membantu meringankan kesulitan masyarakat, bekerjasama dengan PMI sebagai leading sector dalam donor darah. Inilah bentuk sinergi TNI dengan PMI untuk meningkatkan pasokan kantong darah di Indonesia dan ikut serta secara akrif dalam kegiatan kemanusiaan," kata Hadi di GOR A Yani Mabes TNI Cilangkap pada Selasa (22/9/2020),

Selain itu Hadi juga menyanpaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara dan pendonor yang secara sukarela telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ia meminta para peserta dan seluruh elemen yang terlibat untuk yakin kegiatan akan memberi manfaat bagi orang banyak.

"Saya berharap semangat dan kerelaan pendonor darah dapat ditularkan kepada keluarga, kerabat, dan masyarkat. Saya juga mengimbau agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," kata Hadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua PMI Pusat sekaligus Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Kasum TNI, Irjen TanI, Aster Panglima TNI, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Pengurus Dharma Pertiwi, dan staf PMI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat