androidvodic.com

Bintang Puspayoga: Perempuan Kunci Penerapan Protokol Kesehatan di Rumah - News

Laporan wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Ancaman penularan covid-19 semakin besar dalam klaster keluarga. Perempuan menjadi kunci penerapan protokol kesehatan di rumah tangga.

Hal itu disampaikan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga terkait langkah untuk menekan dampak Covid-19 pada perempuan, anak, dan keluarga di Istana Negara, Jakarta (24/9) kemarin.

Menteri Bintang Puspayoga menyampaikan disiplin mematuhi protokol kesehatan seharusnya tidak hanya dilakukan saat keluar rumah, namun juga di dalam rumah.

Baca: Menteri Airlangga: 187.000 Lebih Pasien Covid-19 Sembuh, 9.000 Lebih Meninggal Dunia

"Saya mendorong kaum perempuan sebagai “manager” rumah tangga selalu mengingatkan keluarga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik ketika di luar maupun di dalam rumah,"

"Walaupun sedang berada di dalam rumah, saya sarankan untuk tetap memakai masker, apalagi jika di dalam rumah tersebut terdapat kelompok rentan, yakni balita dan Lansia,” tutur Menteri Bintang," tutur Menteri Bintang.

Ia memaparkan, penularan covid-19 antara anggota keluarga semakin meningkat terlebih jika Ayah atau Ibu bekerja di luar rumah.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini menimbulkan dampak yang sangat besar, khususnya bagi perempuan dan anak, termasuk lanjut usia (Lansia).

Baca: Pandemi Covid-19 Dikhawatirkan Berpengaruh Terhadap Hasil Investasi BP Jamsostek

Untuk itu protokol kesehatan 3M (Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) kepada keluarga, terutama perempuan dan anak harus diterapkan.

"Saya mengimbau ketika Ayah atau Ibu baru masuk rumah segera membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan keluarga," jelasnya.

Selanjutnya, ia juga meminta agar masyarakat mengurangi intensitas pertemuan keluarga besar secara langsung.

“Sebaiknya dilakukan secara daring atau online. Di sinilah kreativitas kita semua dituntut demi menekan penyebaran Covid-19. Mari kita bersatu dan saling bekerja bersama. Saya yakin dengan kekuatan Perempuan Indonesia, kita akan bisa segera pulih dan bangkit kembali. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” ungkap dia.

Dalam waktu dekat Kemen PPPA juga akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membuat protokol kesehatan keluarga untuk pencegahan terinfeksi Covid-19, baik di dalam dan di luar rumah, serta tindakan yang dilakukan bila ada anggota keluarga yang terinfeksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat