androidvodic.com

Kisah Lengkap Pelarian Cai Changpan Kabur dari Lapas Tangerang Hingga Ditemukan Tewas di Hutan Bogor - News

News, JAKARTA - Narapidana narkoba asal China, Cai Changpan alias Cai Ji Fan alias Antoni ditemukan aparat kepolisian di hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/10/2020) dalam keadaan meninggal dunia.

Sebelumnya, ia kabur dari Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Klas I Tangerang kabur dengan cara menggali lubang dari kamar selnya hingga tembus ke gorong-gorong.

Kaburnya Cai Changpan baru diketahui 11 jam kemudian oleh petugas Lapas, Senin (14/9/2020).

Cai Changpan diketahui sudah tidak berada di dalam Lapas saat petugas sedang melakukan serah terima untuk pergantian shift penjagaan.

Saat pengecekan tersebut, petugas Lapas melakukan penghitungan jumlah warga binaan dan baru diketahui kurang 1 orang.

Baca juga: Ditemukan Tewas Bunuh Diri, Cai Changpan Sempat Titip Pesan Ini ke Satpam di Tempat Persembunyian

Setelah dicek, ternyata Napi tersebut sudah melarikan diri dengan membuat lubang dari kamar selnya tembus ke saluran air.

Berdasarkan penelusuran aparat kepolisian, sebelum kabur ke hutan, Cai Changpan sempat membeli rokok di sekitar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang.

Gerak-geriknya juga sempat dicurigai warga yang tinggal di sekitar lapas.

"Beberapa saksi-saksi masyarakat di sekitar Lapas memang sempat melihat dia (Cai Ji Fan, Red) sempat membeli rokok. Itu kita lakukan pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Kemudian, empat jam setelah kabur dari Lapas Tangerang, diketahui Cai Changpan alias Cai Ji Fan sempat pulang ke rumah keluarganya di wilayah Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Polri Masih Dalami Motif Cai Changpan Nekat Bunuh Diri di Dalam Hutan Jasinga

Informasi tersebut diketahui usai pihak kepolisian menggali keterangan dari pihak keluarga Cai Ji Fan.

"Kita lakukan pemeriksaan kepada istri yang bersangkutan dan keluarganya. Karena memang jeda waktu dia melarikan diri sekitar 4-5 jam itu dia sudah sampai di kediamannya di daerah Tejo, Bogor sana. Dia sempat mampir ke rumahnya," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Saat di rumah keluarganya, Cai Changpan sempat memberikan ponsel milik temannya sesama penghuni Lapas kepada anaknya.

Setelah itu, ia kabur ke dalam hutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat