androidvodic.com

'Jurassic Park' Dibangun di Pulau Rinca, Truk Proyek Diadang Komodo - News

*KLHK Jamin Tak Satupun Komodo akan Mati

*TN Komodo Ditutup Selama Pembangunan 'Jurassic Park'

News, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Salah satu kawasan yang akan mengalami perubahan desain secara signifikan adalah Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), di Kabupaten Manggarai Barat.

Pulau ini bakal disulap menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu yang mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara berkelanjutan. Konsep pengembangan geopark ini popular dinamakan "Jurassic Park".

”Jurassic Park” adalah proyek pembangunan pusat penelitian di Pulau Rinca yang digagas Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada 2019 lalu. Sayangnya, pembangunan ”Jurassic Park itu menimbulkan kekecewaan terhadap masyarakat.

Baca juga: Walhi Khawatir Pembangunan Jurassic Park Justru Buat Komodo Tersiksa, Ini Bantahan Pemprov NTT

Baru-baru ini warganet di media sosial dibuat sedih dengan penampakan komodo yang berpapasan dengan truk proyek.

Dalam foto yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @gregoriusafioma itu, tampak seekor komodo tengah mengadang truk pembangunan “Jurassic Park” di Pulau Rinca. Sementara di atas truk dua orang pekerja proyek mengamati komodo yang hendak lewat tersebut.

Ini menjadi pemandangan langka di mana komodo harus berhadapan dengan truk proyek untuk pembangunan. Pemandangan ini membuat publik geram lantaran aktivitas pengembangan proyek geopark itu pun tidak cukup berjarak dengan satwa yang dilindungi di pulau tersebut.

”Ini benar-benar 'gila', tak pernah dibayangkan sebelumnya bisa terjadi. Truk masuk ke dalam kawasan konservasi yang dijaga ketat selama puluhan tahun dan telah secara sistematik meminggirkan masyarakat dari akses terhadap pembangunan yang layak demi konservasi,” tulis akun gregoriusafioma.

Baca juga: Foto Truk Berhadapan dengan Komodo Viral di Medsos, Tagar #SaveKomodo Trending di Twitter

Dalam unggahan itu gregoriusafioma juga menyebut bahwa truk tersebut yang pertama kali masuk ke kawasan konservasi Komodo sejak Pulau Komodo menjadi perhatian dunia tahun 1912.

"Dengan santuy orang menyaksikan dari atas truk, tanpa mereka menyadari bahwa kawasan ini telah melewati sejarah yang sangat panjang dan melibatkan narasi-narasi pengorbanan dari berbagai pihak," ujar gregoriusafioma. ⁣

Hingga kemarin postingan tersebut telah mendapat respons dari 267 ribu pengguna Instagram. Dalam sejumlah komentar di postingan itu banyak yang khawatir dengan nasib komodo tersebut. Mereka juga kecewa lantaran pulau konservasi sebagai habitat komodo itu harus dirusak dengan adanya lahan proyek "Jurassic Park".

”Sedih banget. Kenapa ya maruk amat jd manusia? Gak ngerti lagi jujur diantara ratusan pulau disana kenapa harus di Pulau Rinca yang notabene sebagai kawasan konservasi habitat asli hewan ini. Miris," kata akun Kabutipis.

Baca juga: Beredar Foto Alat Berat di Taman Nasional Komodo, Ini Klarifikasi Kementerian LHK

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat