androidvodic.com

LAN Capai Predikat Tertinggi Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik - News

News, JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) berhasil meningkatkan predikatnya sebagai Badan Publik dengan kualifikasi “Informatif”.

Predikat tersebut merupakan pencapaian tertinggi dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik yang dinilai oleh Komisi Informasi Publik (KIP).

LAN memperoleh kualifikasi “Informatif” berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh KIP.

Baca juga: KPK-LAN Sepakati Kerja Sama untuk Tingkatkan Kompetensi Pegawai

Pada tahun 2019 lalu, LAN memperoleh kualifikasi “menuju informatif” dan saat ini, dalam kurun waktu satu tahun, pada tahun 2020 LAN berhasil melonjak memperoleh kualifikasi “Informatif”.

Pemberian penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin kepada Kepala LAN yang diwakili oleh Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana, dalam Acara “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik” yang diselenggarakan secara virtual, Rabu, (25/11).

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dalam kesempatan tersebut menjelaskan 3 hal pokok urgensi keterbukaan informasi publik.

Pertama, keterbukaan informasi merupakan upaya perlindungan terhadap hak masyarakat dalam memperoleh informasi.

Kedua , keterbukaan informasi menjadi hal strategis dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik ( good governance ).

Dan, terakhir keterbukaan informasi dapat mendorong partisipasi dan peran masyarakat untuk aktif dalam proses pembuatan kebijakan publik.

Wapres juga mengapresiasi badan publik yang telah memperoleh kualifikasi “informatif” termasuk LAN.

Wapres berharap untuk terus mempertahankan prestasi tersebut serta mengembangkan kualitas pelayanan publik terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca juga: Gandeng LAN, Kemendikbud Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Utama LAN selaku Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) LAN, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah berperan dalam pengelolaan informasi di LAN.

“Alhamdulillah, LAN menjadi salah satu instansi yang menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Kualifikasi Informatif Tahun 2020. Untuk itu, sekali lagi, kami ucapkan terima kasih, kepada semua pihak yang telah berupaya secara optimal untuk melaksanakan transparansi dalam pengelolaan informasi di LAN,” tambahnya.

Reni Suzana menambahkan, ke depan tantangan LAN sebagai badan publik informatif adalah mewujudkan pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang lebih cepat, tepat, efisien dan akuntabel hingga seluruh unit kerja, baik di pusat maupun di daerah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat