androidvodic.com

KH Miftachul Akhyar Jadi Ketua MUI Baru, Begini Pesan Menteri Agama - News

Laporan wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi mengucapkan selamat atas terpilihnya KH Miftachul Akhyar sebagai ketua umum  baru MUI.

Fachrul juga menyampaikan, selamat atas suksesnya gelaran Munas MUI X, meski berlangsung di tengah pandemi.

"Selamat atas terpilihnya KH Miftachul Akhyar sebagai Ketua Umum MUI periode 2020 - 2025. Selamat juga untuk seluruh pengurus baru MUI," kata Menag setibanya di Kupang, NTT, Jumat (27/11/2020).

Kepada pengurus MUI baru, Menag mengajak untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman dan pengamalan umat terhadap Islam Wasathiyah.

Baca juga: KH Miftachul Akhyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Menag Fachrul Razi Beri Ucapan Selamat

 "Mari bersama bumikan Islam Wasathiyah dan perkuat moderasi beragama di bumi Nusantara," ungkap Menag.

Menurutnya, peran MUI dan ormas keagamaan lainnya sangat strategis dalam memperkuat moderasi beragama yang saat ini tertera dalam RPJMN 2020-2024.

Baca juga: Susunan Pengurus Pusat MUI Periode 2020-2025, KH Miftachul Akhyar Terpilih sebagai Ketua Umum

"Kerukunan modal utama pembangunan. Kemenag akan bersinergi dengan MUI dan ormas keagamaan lainnya dalam merawat kerukunan dan menguatkan moderasi beragama di Indonesia," kata dia.

Kementerian Agama akan bersinergi dengan MUI dan ormas serta lembaga keagamaan lainnya dalam program penguatan moderasi beragama.

"Moderasi beragama kunci terciptanya toleransi dan kerukunan. Ini ditandai dengan sikap cinta Tanah Air, toleransi tinggi, antikekerasan, serta akomodatif terhadap budaya lokal," lanjut Menag.

KH Miftachul Akhyar terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk periode 2020-2025 dalam Musyawarah Nasional (Munas) MUI ke X yang berlangsung 25 - 27 November 2020.

Dalam menjalankan tugas KH Miftachul Akhyar akan didampingi tiga Wakil Ketua Umum, yaitu: Anwar Abbas (Muhammadiyah), Marsudi Syuhud (NU), dan Basri Barmanda (Persatuan Tarbiyah Islamiyah / Perti). Sebagai Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan.

Sementara, Ketua Dewan Pertimbangan MUI dijabat KH Ma'ruf Amin yang saat ini mengemban tugas sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

KH Miftachul Akhyar merupakann Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2018-2020. Ulama kelahiran 1953 ini merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Surabaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat