androidvodic.com

Pemerintah Taiwan Larang TKI Masuk ke Negaranya hingga 17 Desember - News

News, JAKARTA - Pemerintah Taiwan resmi melarang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masuk ke negaranya.

Hal ini dikarenakan adanya peningkatan TKI positif corona yang datang ke Taiwan.

Sebelumnya pada 30 November 2020 Taiwan hanya mengeluarkan keputusan pembatasan TKI masuk ke negara tersebut.

Baca juga: 85 WNI Positif Covid-19, Taiwan Suspend Penempatan Pekerja Migran Indonesia 2 Minggu

Baca juga: Taiwan akan Luncurkan Desain Paspor Baru Januari 2021

Namun, pada 2 Desember 2020 keputusan itu diubah menjadi pelarangan.

Informasi pelarangan TKI masuk ke Taiwan itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Tenaga Kerja Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Purwanti Uta Djara.

Dia mengatakan, KDEI telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Kantor Dagang Ekonomi Taiwan (TETO) mengenai kebijakan tersebut.

"Sudah dihentikan sementara PMI (Pekerja Migran Indonesia) ke Taiwan. Dua minggu ya, terhitung 4-17 Desember 2020,” kata Purwanti, Selasa (2/12/2020).

Berdasarkan informasi dari KDEI, sebanyak 85 pekerja migran Indonesia (PMI) yang ditempatkan di Taiwan terkonfirmasi positif di tersebut.

KDEI memastikan, keputusan ini tidak permanen. Pemerintah Taiwan memastikan bakal meninjau kembali keputusan tersebut usai larangan dua minggu rampung.

Sementara itu Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menanggapi serius pelarangan masuk bagi PMI itu tersebut. Ia langsung melakukan pertemuan dengan TETO, perwakilan otoritas Taiwan di Indonesia untuk mendapatkan klarifikasi.

”85 PMI yang terkonfirmasi positif di Taiwan merupakan masalah serius sehingga kami langsung mengundang TETO untuk rapat dan akan memanggil 14 perusahaan yang mengirim PMI positif tersebut,” kata Benny dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/11).

“Dari 85 yang dinyatakan positif 13 dinyatakan pulih, 72 masih dalam perawatan,” imbuhnya.

Benny mengatakan, 85 PMI yang dinyatakan positif itu berasal dari berbagai P3MI, di mana terdapat 14 P3MI yang ditunda pelayanannya oleh Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan pada (1/12) dikarenakan adanya cluster positif Covid-19 dari 14 P3MI tersebut.

Benny mengatakan penundaan tidak otomatis dibuka oleh Taiwan saat 17 Desember. Otoritas Taiwan melalui TETO akan menginformasikan lebih lanjut soal penerimaan PMI ke Taiwan pada tanggal 17 desember 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat