androidvodic.com

Empat Fasilitas VVIP untuk Pekerja Migran Indonesia di Bandara Soetta - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, TANGERANG - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) resmi membuka fasilitas VVIP khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (18/12/2020).

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengatakan peresmian sengaja dilakukan tepat di peringatan Hari Pekerja Migran Internasional, sebagai kado istimewa bagi PMI.

“Hari ini, di peringatan Hari Pekerja Migran Internasional, Presiden Joko Widodo secara resmi memberikan kado terbaik dan teristimewa kepada para PMI berupa berbagai fasilitas VVIP," ujar Kepala BP2MI, Jumat (18/12/2020).

Benny Rhamdani mengatakan terdapat 4 fasilitas yang diresmikan dan menyusul di bandara-bandara lainnya yang menjadi kantong PMI. 

Pertama, jalur cepat keimigrasian yang memberikan kelancaran pelayanan kepulangan dan keberangkatan bagi PMI. 

Kedua, lounge PMI yang memberikan fasilitas ruang tunggu yang nyaman bagi PMI yang akan berangkat atau datang dari luar negeri. 

Baca juga: Taiwan Perpanjang Larangan Masuk Bagi Pekerja Migran dari Indonesia Karena Lonjakan Kasus Covid-19

Ketiga, Helpdesk atau pos pelayanan dan pengaduan bagi PMI yang memberikan fasilitas informasi, advokasi, pendataan, dan pemulangan bagi PMI-Bermasalah. 

Keempat, Gerai PMI untuk pemasaran produk usaha Purna PMI.

“Semua fasilitas VVIP diberikan untuk memberikan rasa hormat negara kepada pejuang keluarga yang telah rela berkorban demi kesejahteraannya dan keluarga,” ucap Benny.

Benny menambahkan, jalur cepat keimigrasian dan lounge umumnya diperuntukan bagi penumpang kelas atas, official diplomatic, dan kru pesawat. 

Penyediakan jalur khusus bagi PMI menurut Benny merupakan yang pertama di Indonesia bahkan mungkin dunia. 

"Peresmian fasilitas VVIP ini menjadi kado istimewa bagi PMI sebagai bentuk apresiasi kami kepada para PMI, sang pahlawan devisa,” jelasnya.

Fasilitas tersebut merupakan buah kerja sama BP2MI dengan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan PT Angkasa Pura II. 

Benny pun berharap sinergisitas dapat selalu terjalin dengan baik hingga ke depannya. 

“Semua fasilitas ini bisa terwujud berkat kerja sama yang baik antara pemerintah dan BUMN.

Pun, kerja sama politik anggaran dengan DPR. Semoga kita bisa terus secara bersama mewujudukan keselamatan, keberdayaan, dan kesejahteraan PMI dan keluarganya,” terang Benny.

Dalam kesempatan tersebut, BP2MI juga meresmikan berbagai komitmen kerja sama demi memberikan pelindungan CPMI/PMI. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat