androidvodic.com

Survei SMRC Sebut Prabowo Sulit Menang Jika Kembali Ikut Pilpres, Gerindra: Pilpres 2024 Masih Gaib - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Partai Gerindra tidak peduli dengan hasil survei yang memprediksi Prabowo Subianto akan sulit menang jika kembali ikut kontestasi Pilpres 2024.

"Saya pikir masih jauh banget ya 2024, saya bingung ini lembaga survei, bikin sesuatu yang masih sangat gaib (tidak kelihatan)," ujar Wakil Ketua Umum bidang Hukum dan Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman saat dihubungi, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

"Pemilu Indonesia itu, seringkali ditentukan pada detik-detik terakhir. Jadi kami tidak ambil pusing dengan hasil survei tersebut," sambung Habiburokhman.

Menurutnya, Gerindra saat ini lebih mengutamakan pembangunan partai, yaitu bagaimana wakil rakyat dari partai berlambang kepala burung Garuda dapat bekerja maksimal di masing-masing daerah pemilihannya.

"Paling penting itu para anggota dewan bekerja maksimal di dapilnya masing-masing, kami belum ada rencana apa-apa di 2024," paparnya.

Sebelumnya, survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan peluang menang Prabowo Subianto jika maju Pilpres 2024, relatif kecil.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, elektabilitas Prabowo pada saat ini 14,9 persen, di bawah Ganjar Pranowo sebesar 15,7 persen.

Baca juga: PKS Akan Usung Kadernya di Pilpres 2024, Bagaimana Peluangnya?

Survei SMRC juga menunjukkan dari massa pendukung Gerindra, terdapat 13 persen yang menyatakan memilih Anies Baswedan dan 14 persen memilih Sandiaga Uno bila Pilpres dilakukan saat ini.

Di kalangan mereka yang memilih Prabowo pada Pilpres 2019, 18 persen di antaranya akan memilih Anies sebagai Presiden seandainya Pilpres dilakukan saat ini.

Dengan data tersebut, kata Abbas, Prabowo kemungkinan sulit sukses maju pada Pilpres 2024.

“Bukan saja karena sudah dua kali kalah. Tapi juga karena saat ini sentimen publik terhadapnya tidak lebih baik, bahkan di bawah Ganjar," papar Abbas.

Survei Nasional SMRC dilakukan melalui wawancara per telepon kepada 1.202 responden yang dipilih secara acak (random) pada 23-26 Desember 2020. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen.

Survei SMRC: Jika Pemilu Dilakukan Saat Ini, PDIP Raih 31,3 Persen dan Gerindra 13,4 Persen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat