androidvodic.com

Kaleidoskop 2020: Zulkifli Hasan Jadi Ketua Umum PAN, Amien Rais Bentuk Partai Ummat - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Perseteruan Zulkifli Hasan dan Amien Rais terjadi pada tahun 2020.

Puncaknya, saat Zulkifli Hasan terpilih kembali menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode 2020-2025, berdasarkan pemilihan dalam Kongres V PAN, Selasa (11/2/2020).

Usai Zulkifli terpilih, Amien Rais mulai menjauhi partai yang ia bentuk saat era reformasi, hingga akhirnya membentuk Partai Ummat.

Diketahui, saat pemungutan suara dalam Kongres yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, Zulkifli mengalahkan dua pesaingnya, yaitu Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo.

Zulkifli mendapatkan 331 suara.

Baca juga: Yusril, Sandiaga Uno, AHY, Mumtaz Rais hingga Risma Disebut Berpeluang Jadi Menteri Jokowi

Sedangkan, Mulfachri mendapatkan 225 suara, dan Dradjad Wibowo memperoleh 6 suara.

Sementara itu, terdapat 3 suara tidak sah.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Saudaraku Zulkifli Hasan dengan ini ditetapkan menjadi ketua umum PAN," ucap anggota Steering Committee dalam Kongres V PAN, Totok Daryanto saat itu.

Setelah resmi menjadi Ketua Umum PAN, Zulkifli kemudian menentukan susunan kepengurusan DPP PAN.

Baca juga: Temui Kapolri, Amien Rais Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Rizieq Shihab

Tidak ada nama Amien Rais yang diperiode sebelumnya menjabat Ketua Dewan Kehormatan PAN, dan sekarang posisi itu diisi Sutrisno Bachir.

Amien Rais mengaku telah dipecat dan dikeluarkan dari PAN, karena perbedaan prinsip dalam menjalankan roda partai ke depan.

"Saya tidak di PAN sama sekali, saya sudah dikeluarkan anak buah saya karena berbeda prinsip," kata Amien acara diskusi virtual bertema Bahaya Komunisme di Dunia Islam dalam chanel Youtube UTZ Offivcial, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: JK Sebut Habib Rizieq Populer karena Kekosongan Pemimpinan, Amien Rais: Menurut Saya Ada Kezaliman

Kini, Amien mulai melakukan pembentukan partai baru bersama loyalisnya, yang diberi nama Partai Ummat dan akan resmi diluncurkan pada Desember 2020.

Saat mengumumkan nama Partai Ummat, Amien Rais menyampaikan diakun Youtube miliknya Amien Rais Offcial, Kamis (1/10/2020) siang.

"Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya, melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujar Amien.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal," sambungnya.

Partai Ummat berbentuk Perisai Tauhid, di mana bagian tengah perisai terdapat simbol bintang yang memiliki lima sisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat