androidvodic.com

Dalami Korupsi Bansos Covid-19 yang Jerat Juliari Batubara, KPK Geledah Dua Kantor Perusahaan - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di dua lokasi terkait kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kementerian Sosial yang melibatkan eks Mensos Juliari Peter Batubara.

Dua tempat yang digeledah KPK di antaranya kantor PT Junatama Foodia yang beralamat di Metropolitan Tower TB Simatupang, Jalan RA Kartini lantai 13 dan kantor PT Mesail Cahaya Berkat di Soho Capital SC-3209 Podomoro City Jalan Letjend S Parman Kavling 28.

"Terkait penyidikan dugaan korupsi di Kemensos dengan tersangka JPB (Juliari Peter Batubara) dkk, hari ini tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di 2 lokasi," kata Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangannya, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Usut Suap Bansos Juliari, KPK Periksa Staf PT Tiga Pilar Agro Utama

Ali menjelaskan penggeledahan dilakukan guna mendalami keterlibatan dua perusahaan tersebut dalam kegiatan pengadaan bansos di Kemensos, yakni PT Mesail Cahaya Berkat dan PT Junatama Foodia.

"Di gedung ini, KPK menggeledah kantor dua perusahaan yakni PT Mesail Cahaya Berkat dan PT Junatama Foodia. Hingga saat ini, penggeledahan masih berlangsung," kata Ali.

Ali masih enggan menjelaskan informasi soal hasil penggeledahan serta keterkaitan dua perusahaan tersebut dalam proyek bansos ini, mengingat masih ada rangkaian proses hukum yang perlu dilaksanakan KPK.

"Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut," ujarnya.

Baca juga: Penyuap Juliari Batubara Seusai Diperiksa KPK: dalam Persidangan Pasti Akan Menarik

Sebelumnya, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di Gedung Patra Jasa, Gatot Subroto, Jumat (8/1/2021).

"Terkait penyidikan dugaan korupsi di Kemensos dengan tersangka JPB dkk, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di Gedung Patra Jasa, Gatot Subroto," kata Ali, Jumat (8/1/2021).

Ali menjelaskan bahwa penggeledahan ini menyasar ke dua perusahaan yang disinyalir ada kaitannya dengan kegiatan pengadaan bansos di Kemensos.

"Di gedung ini, KPK menggeledah kantor dua perusahaan yakni PT ANM dan PT FMK. Penggeledahan dilakukan sejak pukul 10.00 WIB," jelasnya.

Baca juga: KPK Usut Suap Bansos Covid-19 Eks Mensos Juliari Batubara

KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara bersama Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos serta dua pihak swasta bernama Ardian Iskandar Maddanatja dan Harry Van Sidabukke sebagai tersangka kasus dugaan suap bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

Juliari dan dua anak buahnya diduga menerima suap senilai sekitar Rp17 miliar dari Ardian dan Harry selaku rekanan Kemensos dalam pengadaan paket bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat