androidvodic.com

Cerita Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat Masih Kenakan Seragam Putih Abu-abu - News

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

News, YOGYA - Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kini sah menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis yang memasuki masa purna bakti.

Mantan Kapolda Banten itu baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara menjadi Kapolri pada Rabu, 27/1/2021. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo adalah satu di antara putra kebanggaan almamater SMA-nya, yakni SMA Negeri 8 Yogyakarta atau dikenal juga dengan istilah Delayota.

Baca juga: Bapaknya Resmi Jadi Kapolri, Anak-anak Listyo Sigit Prabowo Tak Ada yang Jadi Polisi

Kisah Listyo saat masih menjalani hari-hari sebagai siswa di SMAN 8 Yogyakarta berhasil terekam oleh Tribun Jogja dari teman seangkatan beliau di SMA, yaitu, Pramusinto, SE MM, yang saat ini menjabat sebagai General Manager PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Saat ini, Pramusinto juga aktif sebagai Wakil Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pakci (Ikapakci) SMAN 8 Delayota Yogyakarta.

Hingga kini, ia pun masih kerap berinteraksi dengan Listyo yang merupakan Pendiri sekaligus Pembina Ikapakci SMAN 8 Delayota Yogyakarta.

Keduanya masuk ke SMAN 8 Yogyakarta pada 1985 dan lulus 1988.

“Kami seangkatan, tetapi beda kelas. Beliau kelas 3 A 1.2 atau kelas fisika 2. Saya kelas Kelas 3 A 1.1. Namun zaman dulu pergaulannya semua, main-main dengan beda kelas itu biasa,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi. News/SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi. News/SETPRES/AGUS SUPARTO (TRIBUN/SETPRES/AGUS SUPARTO)

Pramusinto mengisahkan, biasa berinteraksi dengan Listyo saat di kantin sekolah maupun kegiatan olahraga yang merupakan hobi keduanya.

Menurut Pramusinto, Listyo paling suka melakukan olahraga basket, sementara untuk bidang seni ia cukup piawai bermain gitar.

Orangtua Listyo merupakan anggota TNI AU yang bertempat tinggal di Lanud Adisucipto.

Lingkungan di kompleks tempat tinggalnya seringkali ada pelatihan yudo, sehingga Listyo kerap ikut hingga berprestasi dalam olahraga tersebut.

“Sampai tingkat provinsi atau nasional kalau tidak salah. Pernah izin dari sekolah untuk ikut itu,” beber Pramusinto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat