androidvodic.com

Pengusaha Bus AKAP Dukung Pembelian Tiket Secara Digital - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Perusahaan Otobus (PO) SAN Putera Sejahtera mendukung penuh upaya pemerintah mendigitalisasi sistem pembelian tiket.

Direktur Utama PT SAN Putera Sejahtera Kurnia Lesani Adnan menjelaskan digitalisasi sebuah keniscayaan di era teknologi.

“Digitalisasi sudah tidak bisa dihindari dan khusunya angkutan darat berbasiskan bus yang sudah semestinya berdigitalisasi,” kata Sani, sapaanya kepada Tribunnews, Kamis (28/1/2021).

Namun, dia mengeaskan agar pemerintah hanya menyiapkan Terminal Online System (TOS) bukan menjadi aggregator apapun alasannya karena pemerintah sebagai pemangku kebijakan atau regulator seperti wasit.

Baca juga: Kemenhub Pesan 100 Unit Mobil Listrik Ioniq, Hyundai : Sudah Mulai Kami Kirimkan Bertahap

“Kami operator bus AKAP kan langsung di bawah Kementerian Perhubungan semestinya sudah cukup diakomodir oleh Digital Passenger System (Dipass) baik itu dari sisi system ticketingnya (bagi operator yg blm memiliki system),” katanya.

Menurutnya, calon penumpang yang go show juga perlu disiapkan alat seperti dispensing di mana calon penumpang bisa memilih PO, tujuan, dan jadwal yang diinginkan.

Pihaknya juga mendorong penerapan barcode atau QR code karena itu hanya menjadi media penghitungan jumlah penumpang untuk masuk jalur keberangkatan.

Kementerian Perhubungan sebelumnya mendorong perusahaan otobus (PO) mendigitalisasikan sistem pembelian tiket bus ke penumpangnya.

Baca juga: Kemenhub Perpanjang Penerapan Protokol Kesehatan di Penerbangan

Dengan menyediakan layanan pembelian tiket secara online, akan meminimalisir kontak fisik penumpang untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, digitalisasi tiket bus akan mempermudah masyarakat membeli tiket bus saat akan bepergian.

Ia menyebutkan, di wilayah DKI Jakarta sudah diterapkan layanan pembelian tiket bus online dan nantinya akan bertahap ke wilayah lain.

Baca juga: Kemenhub Akan Aplikasikan Alat Pendeteksi Covid-19 GeNose di Transportasi Publik

"Di Terminal Pulo Gebang telah diterapkan pembelian tiket bus antar kota antar provinsi, secara online melalui aplikasi Jakarta Electronic System-Bus atau Jaket Bus," kata Budi saat dikonfirmasi, Kamis (28/1/2021).

Budi menyebutkan, untuk di luar wilayah Jakarta nantinya akan ada aplikasi yang mendukung pembelian tiket secara online yaitu Digital Passenger System atau Dipass.

"Dipass ini dapat dimanfaatkan oleh aplikator penyedia tiket, ataupun para Perusahaan Otobus (PO) Bus yang belum memiliki sistem e-ticketing mandiri," kata Budi.

Budi menjelaskan, sistem pembelian tiket online ini akan diaplikasikan melalui metode scan barcode.

"Jadi yang ingin melakukan perjalanan dengan bus, dan membeli tiket secara online hanya tinggal melakukan scan barcode saja untuk masuk ke terminal," ujar Budi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat