androidvodic.com

Guru Besar Termuda UI Prof Firmanzah Meninggal Dunia - News

News, JAKARTA - Kabar duka datang dari civitas akademika Universitas Indonesia (UI) yang kehilangan sosok guru besar UI Prof Firmanzah (44) pada Sabtu (6/2/2021). 

Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin menyampaikan rasa duka cita mendalam atas meninggalnya Prof Firmanzah.

"Beliau meninggal dunia tadi pagi, Sabtu 6 Februari 2021. Begitu saya mendapat kabar di group WhatsApp, saya langsung telepon Humas UI untuk memastikan berita kematian tersebut dan dijawab benar," kata Saleh Husin dalam keterangan yang diterima, Sabtu (6/2/2021).

"Kami civitas akademika Universitas Indonesia merasa kehilangan seorang putra terbaiknya," tambahnya.

Menurut Saleh, Prof Firmanzah merupakan salah satu guru besar yang dikenal secara luas di masyarakat dan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Bahkan, jabatan itu didapat oleh almarhum pada usia yang sangat muda yaitu 32 tahun.

Menurut biodata dari Wikipedia, Prof. Firmanzah, S.E., M.M., M.Phil., Ph.D. lahir di Surabaya, 7 Juli 1976; (umur 44 tahun). 

Baca juga: Prof Firmanzah Meninggal, Ketua MWA UI: Selamat Jalan Guru Besar UI

Saat ini menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina

Pria asal Kota Pahlawan, Surabaya, ini terkenal ketika di usia 32 tahun, ia berhasil menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Firmanzah menjadi dekan pada fakultas tersebut untuk periode 2009-2013.

Sebagai akademisi, terpilihnya Fiz (panggilan akrab Firmanzah) sebagai dekan menerobos senioritas dalam tubuh Universitas Indonesia

Fiz terpilih sebagai dekan pada 14 April 2008. Fiz berhasil mengungguli Prof. Sidarta Utama Ph. D., CFA dan Arindra A. Zainal Ph. D. sebelum akhirnya benar-benar terpilih. 

Saleh pun mengenang sosok Fiz yang banyak menhasilkan karya dan kenangan dalam torehkan mengharumkan FEB UI. 

"Selamat jalan Prof Firmanzah, PhD semoga diberikan tempat yang mulia disisi-Nya dan diampunkan segala dosanya serta diterima segala amal ibadahnya, juga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Amin," ujar Saleh Husin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat