androidvodic.com

Misi Sosial di Rumah Sakit Darurat, PLN Siaga Jaga Listrik Kampung Halaman Presiden - News

NewsPLN setiap saat hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat Tanah Air. Satu dari sekian bentuk pelayanan diwujudkan melalui tim teknis PLN yang  siap siaga 24 jam memenuhi panggilan warga. Segala macam gangguan kelistrikan segera diatasi sampai tuntas agar warga puas.

***

'Senang jika warga senang, siap menerjang hujan badai walau hari silih berganti’. Kalimat itu yang menjadi pedoman seorang Edi Purwanto, anggota tim teknis PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kota Solo, memulai harinya setap pagi.

Edi adalah satu dari sekian teknisi yang dimiliki PLN Kota Solo. Maka, kesehariannya tak jauh dengan aktivitas pengecekan dan penanganan teknis kelistrikan di Kota Bengawan.

Gangguan listrik juga menjadi makanannya sehari-hari. “Setiap hari kontrol listrik dan jaringan. Kalau ada panggilan warga yang mengalami gangguan harus siap sedia, apapun dan bagaimanapun kondisinya,” jelasnya ketika bertemu News pada Jumat (26/2/2021).

Bekerja untuk ULP PLN Kota Solo, kini Edi dan timnya mendapat tugas tambahan menjaga kelangsungan kelistrikan rumah sakit darurat Covid-19 atau Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Benteng Vastenburg, Pasar Kliwon , Solo.

pengecekan trafo mobile Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg
Tim teknisi PLN ULP Kota Solo melakukan pengecekan trafo mobile Rumah Sakit Lapangan di Benteng Vastenburg, Jumat (26/2/2021)

Disebutnya, tugas tambahan ini merupakan misi sosial kemanusiaan yang tak ternilai harganya.

Karena bagi Edi, menjaga listik tetap nyala di Rumkitlap adalah bentuk dukungan kegiatan penanganan covid-19 bersama para tentara yang bertugas.

Baca juga: Dorong Penggunaan Gas Bumi, PLN GG - DEB Teken MoU Pengembangan LNG Terminal Bali

“Ini adalah misi sosial dan kemanusiaan untuk membantu sesama, jadi kami siap membantu agar listrik tetap jalan kegiatan rumah sakit juga jalan.”

“Untuk itu setiap hari setiap pagi kami melakukan pengecekan beban dan tegangan di sini (Rumkitlap Benteng Vastenburg). Juga berkoordinasi dengan tim teknis TNI AD yang bertugas di Rumkitlap,” ucap Edi.

Ketulusan Bekerja

Seperti saat ditemui News di lokasi, Edi tengah melakukan pengecekan beban dan tegangan listrik pada pusat pengaturan trafo mobile PLN di sisi utara benteng.

Mengenakan helm standar kemanan dan rompi khas teknisi PLN, Edi mendatangi satu per satu trafo mobile yang berukuran sebesar mikro itui. Dia membuka setiap pintu dan mencatat angka beban listrik dalam trafo.

Setelah beban dan tegangan yang tertera pada trafo masih dalam batas kewajaran, Edi melanjutkan patroli rutin di titik-titik lainnya di Kota Solo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat