androidvodic.com

Yasonna Laoly Lantik Eks Kapolda Kepri Andap Budhi Revianto Sebagai Sekjen Kemenkumham - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly melantik eks Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Komjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Rabu (10/3/2021).

Andap sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen Kemenkumham) dan merangkap tugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen menggantikan Bambang Rantam Sariwanto yang memasuki masa pensiun.

Posisi Irjen Kemkumham yang ditinggalkan Andap kini ditempati Razilu yang sebelumnya merupakan Staf Ahli Menkumham Bidang Ekonomi.

Baca juga: Demokrat Kubu Moeldoko Akui Belum Menyerahkan Hasil KLB ke Kemenkumham

Yasonna menyebut jabatan yang diamanahkan kepada Andap dan Razilu sangat strategis dan punya tanggung jawab besar.

Posisi Sekjen disebutnya sebagai motor penggerak kinerja Kemenkumham, sementara Irjen berperan melakukan pengasawan dan menjadi pengendali internal kinerja kementeriannya.

"Selamat kepada Pak Andap dan Pak Razilu, semoga Saudara mampu bersinergi dan berkolaborasi menjadi motor penggerak roda Kemenkumham. Tugas Pak Andap sebagai Sekjen tidak mudah. Tapi, dengan pengalaman yang dimiliki, saya percaya tugas tersebut dapat dijalankan dengan baik," kata Yasonna dalam keterangan pers, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Demokrat Tegaskan Tidak Ada Alasan Kemenkumham Terima Pengurus Hasil KLB Deli Serdang

Yasonna meminta Raijua untuk memperbaiki kompetensi dan integritas para auditor.

Hal ini penting untuk meningkatkan kinerja Kemenkumham.

"Adapun PR terbesar Pak Razilu sebagai Irjen adalah memperbaiki kompetensi dan integritas para auditor sehingga ke depannya mampu memperbaiki kualitas hasil audit, review, dan evaluasi, yang pada akhirnya fungsi quality assurance dapat berkualitas dan berdampak positif bagi kemajuan Kemenkumham," katanya.

Selain Andap dan Razilu, Yasonna juga melantik Nugroho sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama, sejumlah Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, serta sederet direktur lainnya.

Beberapa Kakanwil yang dilantik di antaranya Ibnu Chuldun (DKI Jakarta), Pujo Harinto (Riau), Yuspahruddin (Jawa Tengah), Budi Argap Situngkir (DI Yogyakarta), Imam Suyudi (Sumatera Utara), Sudjonggo (Jawa Barat), dan Meurah Budiman (Aceh).

Yasonna mengingatkan para pejabat Kemkumham yang baru dilantik, termasuk Andap dan Razilu untuk senantiasa menunjukkan prestasi kerja.

Baca juga: Datangi KPU dan Kemenkumham, Kubu AHY Dinilai Terlalu Panik

Ia juga mengingatkan jajarannya untuk bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan.

"Saya minta kepada para pimpinan tinggi yang dilantik hari ini untuk bekerja on the track (sesuai jalur). Tunjukkan kemampuan dan prestasi dalam bekerja. Gunakan dasar hukum yang jelas dalam bekerja dan mengambil keputusan," kata Yasonna.

Yasonna menekankan jajarannya untuk menjaga integritas.

Selain itu, Yasonna juga meminta jajarannya untuk memaksimalkan kemampuan manajerial, kolaborasi dan sinergi.

"Jangan ada yang bersungut-sungut, tunjukkan kinerja masing-masing. Gunakan kemampuan manajerial, kolaborasi, dan sinergi yang dimiliki. Perluas wawasan, jalin komunikasi dan koordinasi yang kuat, serta yang paling penting adalah menjaga integritas. Kualitas kerja itu penting, tetapi integritas itu adalah yang paling utama," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat