androidvodic.com

Polisi Pastikan Benda Mencurigakan di Rumah Petinggi KAMI Ahmad Yani Bom Palsu - News

Laporan Wartawan News, Reza Deni

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya memastikan tas mencurigakan di sekitar kediaman petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Ahmad Yani berisi bom palsu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut polisi memastikn itu usai tas tersebut dicek di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Barang itu dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua Depok untuk didalami. Hasilnya barang tersebut adalah fake bom atau bom palsu atau bom mainan yang dibuat," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (26/3/2021).

Baca juga: PROFIL Ahmad Yani, Petinggi KAMI yang Rumahnya Dilempari Bom, Dua Kali Gagal jadi Ketum PPP

Yusri mengatakan dari pengecekan yang turut dilakukan Puslabfor Mabes Polri dalam tas tersebut, ditemukan beberapa rangkaian yang menyerupai bom, seperti jam weker, kabel, dan pipa, serta serbuk petasan.

"Rangkaiannya memang betul, tetapi itu tidak akan meledak karena pemicunya tidak ada," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan telah memeriksa dua saksi terkait bom palsu tersebut, yakni dua karyawan di rumah Ahmad Yani.

Baca juga: Polisi Sebut Benda di Depan Rumah Ahmad Yani Bom Palsu, Saksi Ungkap Ciri-cirinya

Polisi juga turut memeriksa kamera pengawas di sekitar lokasi untuk mencari tahu siapa yang menaruh tas tersebut.

"Ini masih kita terus dalami, mencari siapa yang meletakkan tas tersebut di TKP," kata Yusri.

Sebelumnya, Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat memyampaikan pihaknya telah mengamankan bom palsu tersebut untuk diidentifikasi. Nantinya, Polri juga akan mencari rekaman CCTV di sekitar lokasi.

"Ini kan baru saja kejadian yang dilakukan kepolisian adalah mengamankan barang yang diduga (fake bom) itu. TKPnya tidak ada korban tidak ada ledakan. Kemudian dilakukan olah TKP untuk dilakukan pemeriksaan," kata Tubagus di kediaman Ahmad Yani, Cipinang Indah, Duren Sawit, Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Kronologi Penemuan Benda Diduga Bom di Rumah Ahmad Yani, Berawal dari Saksi yang Mau Buang Sampah

Lebih lanjut, Tubagus menyampaikan pihaknya juga akan menggali keterangan sejumlah saksi untuk mendalami kasus tersebut. Khususnya apakah ada orang yang mencurigakan di sekitar TKP tersebut.

"Kan belum dilakukan pemeriksaan (saksi). Kan baru sama-sama datengnya," kata dia.

Sebelumnya, pelaku yang melempar barang mencurigakan di rumah Komite Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Ahmad Yani sengaja dibuat mirip menyerupai bom.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat