androidvodic.com

Aparat Gabungan TNI-Polri Terjunkan 5.590 Personel Amankan 833 Gereja Selama Paskah - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, aparat keamanan gabungan TNI-Polri akan menerjunkan 5.590 personel untuk mengamankan jalannya ibadah Paskah.

Aparat gabungan akan bersiaga di 833 gereja guna mengawal jalannya rangkaian perayaan ibadah Paskah.

Hal itu dilakukan Polri untuk mengantisipasi dan memperketat pengamanan menyusul adanya aksi terorisme.

Polisi menyatakan, dalam kurun waktu beberapa hari ini ada dua aksi teror yang menjadi sorotan publik serta fokus kepolisian untuk lebih ketat melakukan keamanan.

Baca juga: Polisi Perketat Pengamanan Gereja Saat Peribadatan Hari Paskah

Masing-masing aksi bom bunuh diri yang dilakukan pasangan suami istri di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3/2021) lalu, dan terbaru, adanya penyerangan yang dilakukan teroris ZA (25) pada sore kemarin di Markas Besar (Mabes) Polri.

Baca juga: Antisipasi Aksi Terorisme Jelang Paskah, Keuskupan Agung Jakarta Imbau Gereja Tingkatkan Keamanan

"Akan ada patroli rutin nantinya dengan mengelilingi Gereja, kami sama-sama nanti dengan pengamanan setempat akan melakukan pemantauan," ucap Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (1/4/2021).

Kendati demikian, kata Yusri akan ada empat gereja besar yang dijadikan prioritas mendapatkan keamanan.

Dari keseluruhan aparat yang diturunkan, sebagian besar dari mereka nantinya akan melakukan pengamanan di keempat gereja prioritas itu, yakni sekitar 155 personel.

"Empat (gereja) yang menjadi skala prioritas keamanan, yakni Katedral, Gereja Immanuel, Gereja HKBP Grogol dan Gereja Katolik Krishtoforus di Petamburan," katanya.

Yusri mengatakan, saat ini pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan para pengurus dari keempat gereja tersebut.

Seluruhnya, sudah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan yang dibuat secara internal.

Sebagian besar gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga kata Yusri sudah memasang CCTV guna menambah keamanan saat melakukan ibadah.

"Kami duduk bersama-sama dengan pengamanan internal di Gereja, di satu sisi kami juga berpatroli terus di ring-ring luarnya," tukasnya.

Diketahui, umat Kristiani di Indonesia tengah memulai perayaan Paskah sejak Kamis kemarin hingga Minggu (4/4/2021) besok, dengan rangkaian ibadah Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Raya Paskah.

Caption: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat ditemui awak media di Polda Metro Jaya, Kamis (1/4/2021)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat