androidvodic.com

Di Manokwari, Panglima TNI Tegaskan Harmonisasi Dalam Perbedaan Melalui Komunikasi Sosial - News

Laporan Wartawan News, Vincentius Jyestha

News, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersilaturahmi dengan tokoh lintas agama di Bumi Cendrawasih, tepatnya di gedung PKK, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (3/4/2021).

Didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw, kunjungan Hadi dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi melalui Komunikasi Sosial (Komsos).

"Manokwari memiliki nilai historis karena pertama kali injil masuk ke Tanah Papua melalui Pulau Mansinam pada tahun 1855," ujar Hadi, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/4/2021).

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Paskah untuk Meriahkan Momen Kumpul dengan Keluarga, Teman hingga Orang Tersayang

Kunjungan yang dilakukan Panglima TNI tersebut merupakan rangkaian kegiatan peninjauan langsung pengamanan tempat peribadatan umat Kristiani yang merayakan Paskah.

“Sesuai dengan Perintah Presiden Jokowi bahwa TNI dan Polri harus meningkatkan kewaspadaan dan perkuatan untuk mengamankan lokasi-lokasi yang memiliki kerawanan tinggi terjadinya gangguan keamanan seperti gereja dan pusat-pusat keramaian,” tegas Hadi.

"Beliau menghimbau agar Para tokoh agama diharapkan dapat mengambil peran sebagai perekat dan pemersatu umat dan masyarakat dengan ikut secara pro-aktif menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif melalui harmonisasi dalam perbedaan," imbuhnya.

Baca juga: Ucapan Selamat Paskah 2021 dalam Bahasa Inggris, Cocok untuk Update WA, Instagram, dan Facebook

Dalam kegiatan ini, Hadi juga menghimbau agar seluruh umat beragama tetap menjaga komitmen persaudaraan dan menghindari segala sikap serta perilaku yang mengarah kepada terjadinya perpecahan dan permusuhan.

"TNI bersama-sama dengan Polri akan terus menjaga dan mengawal keamanan agar seluruh umat beragama dapat menjalankan ibadah sesuai agama dan keyakinannya masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Tim Penjinak Bom Bersiaga Amankan Ibadah Paskah di Gereja Katedral Jakarta

Dalam suasana Paskah ini, Panglima TNI juga menyampaikan untuk menyongsong dan mengiringi hari-hari ke depan dengan iringan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan damai serta harmoni dapat terus diwujudkan di Tanah Papua.

Turut hadir dalam kegiatan ini para tokoh lintas agama Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, Para Pejabat Provinsi Papua Barat, dan jajaran Forkopimda, serta Para Pejabat Mabes TNI dan Mabes PoIri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat