androidvodic.com

Sandiaga Uno Sebut Angka Kunjungan Wisatawan Ke Bali Sudah Setengah Dari Sebelum Pandemi Covid-19 - News

News, MAGELANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut pemulihan sektor pariwisata di Bali sudah semakin mendekati normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat menjawab pertanyaan wartawan terkait kenaikan jumlah wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Indonesia saat mengunjungi Dusun Butuh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/3/2021).

"Data menarik, saat saya bertugas di Kemenparekraf di Desember 2020, saya melihat kelesuan luar biasa. Seiiring dengan kepatuhan protokol kesehatan setiap bulan saya pantau, di Bulan lalu saya menargetkan internal ada 3.600 per hari penumpang domestik kedatangan domestik wisata di Bali, tapi bulan lalu ada yang datang 4.500 kedatangan domestik. Artinya berada di atas target 900 orang atau 30 persen," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya.

Baca juga: Sulap Limbah Kayu Jadi Beragam Kerajinan, Wanurejo Diusung Sandiaga Uno Jadi Desa Penghasil Devisa

Sandiaga Uno juga mengungkapkan jumlah pengunjung di Bali saat ini sudah setengah dari sebelum pandemi Covid-19.

"Hari ini kunjung domestik di Ngurah Rai Bali selama dua hari terakhir 8 ribu pengunjung, sebelum pandemi Covid-19 ini 16 ribu orang artinya ini angka sudah setengah dari sebelum pandemi Covid-19," kata Sandiaga.

Meskipun begitu, Sandiaga mengingatkan bila peningkatan jumlah pengunjung tersebut harus dibarengi penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Ajak GMNI Kolaborasi Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Tapi kita tetap harus waspada, peningkatan jumlah wisatawan harus dibarengi patuh protokol kesehatan Covid-19," kata Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan pariwisata saat ini dapat menjadi kunci kebangkitan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Mudik Dilarang, Menparekraf Ungkap Peluang Produk Ekonomi Kreatif Jadi Pengganti Kumpul Keluarga

"Wisata itu jangan disudutkan sebagai cluster penyebaran Covid-19. Berwisata dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan disiplin harus kita lakukan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah dan aparat setempat. Di masa pandemi destinasi wisata kita harus bertransformasi agar lebih berkualitas dan berkelanjutan," kata Sandiaga Uno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat