androidvodic.com

Kronologi TNI AL Tangkap Penyelundup Sabu dan Ekstasi yang Dibawa dari Malaysia - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menangkap dua pelaku penyeludupan narkoba sebanyak total 100 kilogram lebih jenis sabu dan ekstasi yang dibawa dari Malaysia melalui jalur perairan Muara Sungai Asahan pada Sumatera Utara pada Minggu (18/4/2021).

Penangkapan bermula saat TNI AL mendapat informasi dari intelijen bahwa telah terjadi transaksi narkoba jenis sabu di perairan Pulau Jemur Rokan Hilir Provinsi Riau oleh sebuah kapal yang akan masuk ke Kota Tanjungbalai.

Setelah mendalami informasi tersebut, TNI AL mengerahkan personel gabungan untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan terhadap sebuah kapal tanpa nama yang diawaki KH (33) sebagai nakhoda dan ABK HS (34).

Baca juga: Aparat Bongkar Sabu-sabu dan Ekstasi 100 Kg di Asahan, Dua Orang Ditangkap

Pada Minggu 18 April 2021 sekitar pukul 00.45 WIB petugas Gabungan TNI AL melaksanakan penggeledahan dan menemukan enam karung goni mencurigakan yang dibungkus karung plastik.

Enam karung goni tersebut ditempatkan di bagian palka buritan kapal yang kemudian diketahui berisi paket narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Hasil temuan tersebut selanjutnya dilaporkan kepada Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory.

Robinson kemudian langsung memerintahkan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Sei Sembilang I-1-47 untuk  melakukan pengawalan kapal tangkapan ke Pos TNI AL Bagan Asahan. 

Baca juga: TNI AL Gagalkan Penyelundupan 92,512 Kg Sabu dan 61.378 Butir Pil Ekstasi dari Malaysia

Pemeriksaan lanjutan barang bukti dan pengecekan kemudian dilaksanakan di kantor Balai Laboratorium Bea dan Cukai Kelas ll Medan menggunakan alat Narkotest.

Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui barang itu positif narkotika jenis metamfetamin. 

Rincian narkoba yang diperiksa TNI AL tersebut yakni jenis sabu seberat 92,512 kg yang terdiri dari 87 bungkus.

Dari 87 bungkusan tersebut terdiri dari warna kuning sebanyak 50 buah, 29 buah warna hijau tua dan delapan buah hijau muda. 

Sedangkan ekstasi sebanyak 18, 413 gram yang diperkirakan berjumlah 61.378 butir.

Ekstasi tersebut terdiri dari warna coklat 13.976,92 gram, putih 2.203.55 gram, dan hijau 2240, 53 gram.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat