androidvodic.com

Politikus PDIP Sebut Jokowi-Megawati Bertemu 10 Hari Lalu, Bicarakan Apa?  - News

News, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Putra Nababan mengungkap bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Putra mengatakan informasi itu ia dapatkan dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Menurutnya Jokowi dan Megawati bertemu 10 hari lalu. 

"Kalau dapat informasi dari Pak Sekjen PDIP, Pak Hasto, pertemuan itu memang beliau (Jokowi) dengan Ibu Megawati dilakukan secara rutin dan pertemuan terakhir berlangsung 10 hari yang lalu," ujar Putra, dalam diskusi daring 'Jangan Pegel Nunggu Reshuffle', Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri ASEAN Leaders Meeting di Sekretariat ASEAN

Ketika disinggung apakah keduanya membicarakan perihal isu reshuffle yang sedang menjadi perhatian, Putra menampiknya. 

Mantan jurnalis itu mengatakan Jokowi dan Megawati hanya membahas sejumlah isu yang strategis.

"Dari informasi yang kita dapat, biasanya Ibu (Megawati), kan, selalu bertemu berdua dengan Pak Jokowi tanpa didampingi. Hal-hal yang selalu dibahas memang hal-hal strategis, terkait fundamental, ideologi, dan lain sebagainya. Dan itu terjadi 10 hari yang lalu," jelas Putra.

Baca juga: Reshuffle? Fadjroel Sebut Hanya Jokowi dan Allah yang Tahu

Putra lantas menjelaskan bahwa kesepakatan DPR untuk melebur dan membentuk kementerian baru itu terjadi 15 hari lalu.

Sementara pertemuan Jokowi dan Megawati terjadi 10 hari lalu. 

Meski tak bisa memastikan apakah terjadi pembahasan teknis detail seperti reshuffle, namun Putra meyakini Megawati adalah sosok yang paham bahwa reshuffle merupakan hak prerogratif presiden. 

"Tapi saya yakin Ibu Ketum yang merupakan Presiden ke-5 Indonesia mengerti betul kewenangan presiden, memahami, dan menghormati betul ketatanegaraan, dan juga tentunya hal-hal strategis yang selalu dibahas bersama presiden," kata Putra.

Baca juga: Bicara Reshuffle Kabinet, Fadli Zon Puji Sandiaga Uno dan Kritik Sri Mulyani

Bahkan, Putra menceritakan Jokowi sebenarnya sudah kerap berkonsultasi dan bertemu dengan Megawati sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

Akan tetapi, Megawati disebutnya selalu menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Jokowi

"Yang saya ketahui sejak saya masih di media, ketika beliau masih jadi gubernur Jakarta, beliau juga selalu konsultasi dengan Ibu. Ketika masuk ke dalam periode pertama, sering berjumpa di Bogor dan Teuku Umar. Memasuki periode kedua juga sama," kata Putra. 

"Sekali lagi karena Ibu (Megawati) pernah menjadi presiden dan Ibu tahu kewenangan seorang presiden dan itu menjadi satu hal prerogatif presiden dalam pembentukan reshuffle. Jadi saya tahu Ibu adalah orang yang selalu menekan kepada kita menjaga keadaban," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat