androidvodic.com

Baku Tembak 8 Jam, KKB Kocar-kacir Dikejar Hingga Masuk Hutan - News

News, JAYAPURA -- Kontak tembak antara personel Satgas Nemangkawi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Maki, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua terjadi pada Selasa (27/4/2021).

Gerombolan KKB pimpinan Lekagak Telenggen itu akhirnya terdesak dan meninggalkan

Baku tembak tersebut dikabarkan berlangsung cukup lama.

Kontak senjata terus terjadi ketika aparat keamanan melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal tersebut.

Baca juga: Keluarga Histeris, Lama Tak Pulang Begitu Dapat Kabar Komang Gugur Oleh KKB

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal.

"Kontak senjata cukup panjang, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, sekitar 8 jam. Personel kami terus mengejar hingga jarak 1,6 kilometer," ujar Kamal, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (27/4/2021).

Ia memastikan, aparat keamanan akan tetap mengejar KKB yang terus melakukan aksi kriminal bersenjata dan telah membuat jatuhnya korban jiwa cukup banyak.

Menurut dia, kini KKB akan terus terdesak karena diyakini logistik mereka akan segera habis.

Kamal menyebut, saat proses evakuasi tiga personel Brimob yang terkena tembakan di lokasi kejadian, KKB sempat berusaha menembaki helikopter.

Baca juga: TNI-Polri Serbu Markas KKB di Kampung Maki, 5 KKB Tewas dan Sisanya Kabur

"Iya, mereka sempat tembak (helikopter), saya belum bisa pastikan kena atau tidak, tapi evakuasi akhirnya berhasil dilakukan," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, kontak senjata terjadi antara KKB dan anggota Brimob di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021) pagi.

Kejadian itu menyebabkan seorang anggota Brimob, Bharada Komang gugur dan dua rekannya mengalami luka tembak.

"Iya, ada kontak tembak tadi pagi di Ilaga. Tiga orang korban, satu meninggal Bharada Komang. Semua korban sudah dievakuasi ke Timika," ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri, di Jayapura, Selasa.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menyebut, dari kontak senjata tersebut, lima anggota KKB dipastikan tewas tertembak.

Berita terkait

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Kronologi TNI-Polri Kejar KKB Sejauh 1,6 Kilometer dan Baku Tembak Selama 8 Jam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat