androidvodic.com

Akselerasi Reformasi Birokrasi, Risma Ingin Genjot Kualitas SDM Kemensos - News

News, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai tulang punggung kemajuan suatu bangsa. 

Risma mengatakan fokus penting dalam pembangunan SDM adalah memperkuat reformasi birokrasi.

"Saya lihat kuncinya adalah pada konsistensi dan tekat kuat melakukan reformasi birokrasi. Saya sudah melakukan reformasi di Kota Surabaya. Di Kemensos juga reformasi akan saya dorong,” kata Risma melalui keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Mensos Risma Pastikan Kesiapan Logistik untuk Tanggap Bencana 

Menurut Risma, Korea Selatan bisa menjadi contoh ideal bagi Indonesia mengenai cara melakukan transformasi dari negara berkembang menjadi negara maju. 

Dirinya menekankan pentingnya pemahaman tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga biasa disebut sebagai “abdi negara”.

Dalam bahasa Jawa artinya, Risma menjelaskan bahwa abdi adalah pembantu atau bahkan ada yang mengistilahkan sebagai pesuruh.

“Jadi kita ini adalah pesuruh rakyat. Kerja kita ditunggu rakyat. Mereka tidak perduli kita di dalam kaya apa. Bagaimana kita di dalam bertabrakan dengan urusan administrasi yang rumit, sulit, dan berat. Masyarakat tidak perduli," ucap Risma. 

Baca juga: Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Mei 2021, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id, Ini Caranya

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengajak seluruh jajaran Kemensos untuk bekerja keras. 

Risma ingin memperkuat sistem untuk memastikan kinerja pegawai di lingkungan Kemensos bisa dipantau dengan baik dan cepat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat