androidvodic.com

Pembangunan Berbasis IDM Percepatan Penyelesaian Masalah Stunting, Pendidikan, dan Ekonomi Desa - News

Laporan wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar meyakini pembangunan berbasis data Indeks Desa Membangun (IDM) dapat mempercepat penyelesaian masalah stunting, pendidikan, dan perekonomian desa.

Hal ini disampaikan Abdul Halim Iskandar dalam acara halalbihalal bersama seluruh kepala desa se-Indonesia, Jumat (14/5/2021).

"Ketika kita membangun desa dengan data dan fakta yang ada, maka saya yakin dalam waktu yang tidak lama permasalahan yang dihadapi seperti kelaparan, stunting, pendidikan yang kurang berkualitas, pertumbuhan ekonomi yang melambat, akan terselesaikan," ujarnya.

Pembangunan desa berbasis IDM juga akan membuat upaya penyelesaian masalah-masalah di desa-desa lebih akurat.

Baca juga: Menpora Amali Ingin Masalah Stunting Bisa Ditekan Sehingga Harapan Indonesia Emas 2045 Bisa Tercapai

"Kita akan mudah deteksi masalah yang dihadapi warga karena kita miliki data yang konkret dan detail tentang desa," kata dia.

Perencanaan pembangunan desa dengan pemuktahiran data berbasis SDG's Desa, lanjut Abdul, dapat membuat penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa berbasis prioritas.

"Karena itu ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepala desa yang sudah melaksanakan, bahkan menyelesaikan pemutakhiran data," ucapnya.

Baca juga: Cegah Stunting, Kominfo Imbau Remaja Putri dan Ibu Muda Jaga Pola Hidup Sehat  

Dalam kesempatan itu, Abdul Halim juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah kepada seluruh umat Islam.

"Semoga seluruh amal ibadah kita selama Ramadhan ini diterima Allah SWT dan segala dosa-dosa kita diampuni," kata dia.

Selain itu, Abdul turut mengucapkan selamat bagi umat Nasrani yang Kamis (13/5) kemarin memperingati hari Kenaikan Isa Al-Masih.

"Selamat hari kenaikan Isa Al Masih bagi yang merayakan, ini merupakan keberagaman yang luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia," kata Abdul.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat