androidvodic.com

Menteri PPPA Bintang Puspayoga Apresiasi Kesetaraan Gender di Perusahaan Mulai Berjalan - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengapresiasi perusahaan di Indonesia yang telah berkomitmen memberikan tempat yang setara bagi perempuan.

Menurut Bintang, komitmen para pimpinan perusahaan untuk memberikan tempat yang setara bagi perempuan menjadi hal yang penting untuk diperjuangkan.

Hal ini tentunya harus diwujudkan bersama-sama, tidak hanya lintas sektor dalam negeri, tetapi juga secara internasional.

Karenanya, G20 Empower menjadi wadah yang sangat strategis untuk dapat menyatukan kekuatan internasional demi memajukan perempuan dunia, khususnya dalam ekonomi, kepemimpinan, dan sektor publik.

Hal itu disampaikan Menteri Bintang Puspayoga di depan perwakilan 27 perusahaan anggota G20 Empower Indonesia dari berbagai sektor, Jumat (28/5/2021).

"Saya juga mengapresiasi komitmen para pimpinan perusahaan yang tergabung dalam G20 Empower Indonesia terkait isu-isu tenaga kerja perempuan, terutama pada komitmen dan sinergi untuk mewujudkan 5 (lima) program prioritas Kemen PPPA,” ujar Bintang Puspayoga.

Baca juga: Kemen PPPA Ungkap Motif Kasus Penganiayaan Ayah terhadap Anak Kandung di Tangsel

Perusahaan tersebut selain berkontribusi pada isu ketenagakerjaan perempuan, juga melakukan sinergi untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola oleh kaum perempuan.

Kementerian PPPA mempunyai 5 isu prioritas berdasarkan arahan Presiden, salah satunya adalah kewirausahaan berperspektif gender, yang fokus pada keluarga pra sejahtera, perempuan kepala keluarga dan perempuan penyintas.

Diharapkan terjalin kerja sama dan kolaborasi dengan dunia usaha untuk mendukung terwujudnya 5 isu prioritas ini.

“Banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan perempuan berdaya. Mudah-mudahan praktik baik yang sudah dilakukan perusahaan yang sudah ramah perempuan bisa dilaksanakan di perusahaan lainnya. Komitemen yang disampaikan oleh perusahaan menjadi kekuatan kita untuk mewujudkan perempuan berdaya dan Indonesia maju,” jelas Bintang.

Baca juga: Menteri PPPA Soroti Pentingnya Pendirian Sekolah Perempuan di Seluruh Indonesia

Selain itu, Kementerian PPPA sebagai satu vocal point G20 Empowerment Indonesia menyelenggarakan Seniors Leaders’ Meeting on Women Empowerment guna menyatukan komitmen dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan.

Bintang juga menyampaikan agar pertemuan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dalam lingkup yang lebih kecil agar lebih intens membahas terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Chief Financial Officer Telkomtelstra, Ernest Hutagalung yang hadir dalam acara tersebut menceritakan upaya yang telah dilakukan perusahaannya untuk mendorong keterwakilan perempuan pada pimpinan perusahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat