androidvodic.com

Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, Jokowi Kenakan Baju Adat Tanah Bumbu Kalsel - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila, yang dilakukan secara virtual, pada Selasa (1/6/2021). Presiden mengikuti upacara dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Meski Presiden mengikuti secara virtual, upacara peringatan hari lahirnya Pancasila tersebut dilakukan di Halaman Kementerian Luar Negeri tepatnya di depan Gedung Pancasila. Upacara dimulai sekitar pukul 07.50 WIB.

Presiden mengenakan pakaian adat dari Kalimantan Selatan, tepatnya dari wilayah Tanah Bumbu.

Presiden tampak mengenakan jas hitam dengan ornamen emas di bagian dada kiri dan kanan, serta penutup kepala berwarna hijau.

Baca juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila: Proses Perumusan Pancasila hingga Ditetapkan Hari Libur Nasional

Sejumlah pejabat hadir secara virtual dalam upacara tersebut di antaranya yakni, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Dalam rangkaian upacara tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, kemudian Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan teks UUD 1945.

Pembacaan doa dalam upacara tersebut dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat