androidvodic.com

Ketika Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj Bercerita Saat Umrah Bareng Almarhum Taufiq Kiemas - News

Laporan wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengungkap berbagai kenangan dirinya dengan almarhum Muhammad Taufiq Kiemas.

Hal tersebut diunggkapkan Said Aqil Siradj saat memberikan sambutan dalam acara tahlilan memperingati sewindu atau delapan tahun kepergian almarhum Taufiq Kiemas, Selasa (8/6/2021) malam.

Said Aqil Siradj menyebut bila almarhum Taufiq Kiemas merupakan seorang nasionalis sejati.

"Saya tahu beliau adalah seorang nasionalis 100 persen, sangat mencintai negeri ini. Siap berkorban demi Indonesia," ujar Said Aqil Siradj.

Kemudian Said Aqil Siradj menceritakan momen saat dirinya mengantar Taufiq Kiemas bersama Megawati Soekarnoputri saat ibadah umrah ke tanah suci.

Dari perjalanan bersama ke tanah suci tersebut, Said Aqil Siradj baru mengetahui bahwa almarhum Taufiq Kiemas sangat religius.

Baca juga: Puan Bersyukur Pernah Digembleng Taufiq Kiemas

"Saya juga tahu sendiri beliau sangat religius. Tahu persis ketika saya naik haji bersama, mengantar beliau, mendampingi beliau dan ibu Mega, umrah bersama," kata Said Aqil Siradj.

Said Aqil Siradj juga mengungkapkan, saat menunaikan umrah bersama, dia melihat sendiri betapa almarhum Taufiq Kiemas sangat tekun menunaikan ibadah Salat.

Dari pengalaman umrah bersama itu pula Said Aqil Siradj lantas meyakini almarhum Taufiq Kiemas fasih membaca kitab suci Alquran.

Baca juga: Resmikan Bandara Taufiq Kiemas, Puan Berharap Bisa Bantu Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

"Saya lihat bagaimana beliau tekun salat, baca Alquran dengan baik dengan benar. Mohon maaf, saya pun tidak menyangka bahwa Pak Taufiq Kiemas baca Quran dengan benar dan baik, ternyata baca Qurannya fasih. Berarti ketika masih kecil atau remaja khatam Alquran beliau itu," kata Said Aqil Siradj.

Said Aqil Siradj juga menyaksikan langsung bagaimana almarhum Taufiq Kiemas bercucuran air mata selama umrah.

Baca juga: Bamsoet: MPR Beri Penghargaan Pada Almarhum Taufik Kiemas Sebagai Bapak Empat Pilar MPR RI

Khususnya saat mengunjungi tempat-tempat yang pernah disinggahi Nabi Muhammad semasa hidupnya.

"Bagaimana ketika kita salat di Makkah, di Madinah, bercucuran air mata. Ketika minum air zamzam pun beliau menangis dengan saya waktu itu. Di Arafah juga beliau banyak menangis, banyak bertaubat," kata Said Aqil Siradj.

"Karena itu saya yakin beliau adalah orang religius 100 persen. Itulah idealisme yang tertanam dalam jiwa diri Pak Taufiq Kiemas, 100 persen religius dan nasionalis," kata Said Aqil Siradj.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat