androidvodic.com

1.000 Lowongan Kerja Tersedia Di Digital Career Expo 2021 yang Digelar Kemenaker dan Plan Indonesia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Sebanyak 1.000 lowongan pekerjaan bagi sekitar 10.000 orang tersedia di Digital Career Expo 2021.

1.000 lowongan pekerjaan tersebut datang 100 perusahaan yang berpartisipasi.

Diketahui Digital Career Expo 2021 yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) akan berlangsung pada 18-19 Juni 2021.

Acara job fair yang digelar secara virtual tersebut mengusung tema Finding Career in Digital Era.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan acara tersebut diselenggarakan dengan memanfaatkan Karir Hub, platform dari Sistem Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk implementasi konsep link and match di pasar kerja, dengan mempertemukan antara pemberi kerja dan pencari kerja dalam acara bursa kerja," kata Ida, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Lakukan Sidak di Jakarta Timur, Kemenaker Gagalkan Pengiriman 11 Pekerja Migran Ilegal

Ida mengatakan masa pandemi Covid-19 berdampak pada akses kerja bagi kaum muda, terutama perempuan.

Acara ini digelar guna memajukan kesempatan kerja setara bagi kaum muda.

"Manfaat acara ini juga semakin besar, karena diadakan pada momen dunia ketenagakerjaan Indonesia sedang terdampak adanya pandemi Covid-19,” kata Ida.

Dini Widiastuti selaku Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia menjelaskan, Digital Career Expo 2021 diharapkan tak hanya membuka peluang kerja bagi kaum muda, juga membuka peluang untuk menghadirkan kolaborasi multipihak.

Baca juga: Hari Ini Ditutup, Posko THR Kemenaker Terima 750 Konsultasi dan 1.150 Aduan

Menurutnya, kolaborasi lembaga masyarakat, pemerintah, perusahaan swasta, UMKM, komunitas, juga kaum muda berperan penting untuk menciptakan penguatan ekonomi, baik saat ini maupun di masa depan.

“Kerja sama multipihak penting untuk menyokong perjalanan kaum muda, khususnya perempuan, dalam mengembangkan karier yang tepat dan layak, sekaligus menyediakan akses bagi mereka untuk berdaya dari sisi ekonomi secara setara,” ujar Dini.

Ia mengatakan Kemnaker dan Plan Indonesia terus berupaya meningkatkan peluang kerja layak dan setara bagi kaum muda di tengah pandemik Covid-19.

Baca juga: Kemenaker Gelar Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan BLK Komunitas di Tasikmalaya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat