androidvodic.com

Risma: Kemensos Siapkan Asesmen Bagi Pekerja Migran Bermasalah yang Dipulangkan Dari Malaysia - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Kementerian Sosial melakukan asesmen terhadap Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) yang dipulangkan dari Malaysia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan asesmen dilakukan untuk mencari kebutuhan para PMIB setibanya di Indonesia.

"Kami juga melakukan asesmen awal untuk memetakan masalah dan kebutuhan serta mata pencaharian PMIB selama di Malaysia maupun keinginan bekerja di Indonesia," kata Risma melalui keterangan tertulis, Jumat (2/7/2021).

Selain itu, Risma mengatakan Kemensos memfasilitasi para PMIB untuk melakukan proses perekaman data kependudukan oleh Ditjen Dukcapil.

Mantan Wali Kota Surabaya ini memastikan kepulangan PMIB telah mengikuti protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Kemensos Siapkan Program Pemberdayaan 7.200 PMIB yang Dipulangkan dari Malaysia

Termasuk melakukan PCR pada saat kedatangan dan sebelum pemulangan ketika masa karantina 5 hari di Wisma Pademangan, Jakarta.

"Jika diperlukan tempat transit, tersedia di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus dan Balai Mulya Jaya sebelum pulang ke daerah masing masing," kata Risma.

Seperti diketahui, sebanyak 276 orang PMIB dari 7.200 orang telah dipulangkan ke Indonesia melalui dua gelombang.

Baca juga: Balai Kemensos Sediakan Fasilitas Isolasi untuk OTG Covid-19

Gelombang pertama pada tanggal 24 Juni 2021 sebanyak 145 orang dan gelombang kedua tanggal 27 Juni 2021 sebanyak 131 orang. Proses pemulangan ini mengikuti protokol kesehatan ketat dengan melakukan PCR sebelum pemulangan.

Sebanyak 41 balai rehabilitasi sosial milik Kementerian Sosial yang telah multifungsi ini siap membantu proses rehabilitasi sosial hingga pemulangan PMIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat