androidvodic.com

Dimas Ajisoko Harmoko: Pesan Bapak yang Selalu Kami Ingat, Kejujuran Nomor Satu - News

News, JAKARTA - Putra Bungsu almarhum Harmoko, Dimas Ajisoko Harmoko menyatakan, sakit yang diderita sang ayah sejak lama membuatnya sulit untuk melakukan komunikasi.

Namun kata dia, sebelum sang ayah kesulitan untuk berbicara atau menjalin komunikasi dengan para anak dan pihak keluarga, terdapat pesan yang kerap kali diucapkan mendiang Harmoko kepada para anaknya.

Dimas mengatakan, sang ayah selalu meminta kepada dirinya dan seluruh keluarga untuk mengedepankan sikap jujur.

"Terus terang pak Harmoko untuk berkomunikasi saja sudah susah sekali. tapi sebelum beliau susah berkomuniksi, pesan beliau yang selalu kami ingat adalah kejujuran nomor 1," kata Dimas saat ditemui awak media di Rumah Duka Jalan Taman Patra XII Nomor 14, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Putra Almarhum Harmoko: Bapak Sudah Sejak Lama Sakit PSP

Sebab pesan ayahnya, jika hidup tanpa kejujuran maka pertanggungjawaban di akhirat akan berat.

Terlebih saat ini kata Dimas, kondisi di negara Indonesia sangat membutuhkan sosok yang memiliki sikap jujur.

"Tanpa kejujuran, akan berat pertanggung jawaban kita pada Allah SWT. dan ini yang juga saya lihat, kondisi Indonesia perlu kejujuran ke depannya," ucap Dimas.

"Semoga semua bisa tergerak hati nuraninya untuk kembali menjadi jujur akan keadaan ini," tukasnya.

Baca juga: Sang Putra Akui Hasil Tes PCR Terakhir Harmoko Positif Covid-19

Merasakan Sakit Sejak Lama

Putra bungsu dari almarhum Harmoko, Dimas Ajisoko Harmoko menyatakan, sebelum meninggal dunia, sang ayah memang sudah sejak lama merasakan sakit.

Dimas mengatakan sakit yang diderita almarhum ayahnya itu disebut dengan Progressive Supranuclear Palsy atau PSP yang hingga kini kata dia belum diketahui obat untuk penyembuhannya.

"Jadi beliau sakit dari tahun 2013 sakitnya itu nama nya PSP progressive supranuclear palsy dan agak jarang penyakitnya bapak, dan belum ada obatnya juga," kata Dimas saat ditemui di Rumah Duka di Jalan Taman Patra XII Nomor 14, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021).

Suasana rumah duka Harmoko, mantan Menteri Penerangan era Orde Baru kepemimpinan Presiden RI Soeharto di Jalan Taman Patra XII, Nomor 14, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021).
Suasana rumah duka Harmoko, mantan Menteri Penerangan era Orde Baru kepemimpinan Presiden RI Soeharto di Jalan Taman Patra XII, Nomor 14, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021). (News/Rizki Sandi Saputra)

Kendati begitu, kata Dimas selama ini pihak keluarga telah berupaya sebisa mungkin untuk memberikan perawatan kepada almarhum.

Hanya saja, sebelum meninggal dunia, kata Dimas, kondisi sang ayah semakin menurun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat