androidvodic.com

Perpanjangan PPKM Level 4 Berakhir Hari Ini, Polri Evaluasi Posko Penyekatan - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Korlantas Polri akan segera melakukan evaluasi terkait masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang akan berakhir Minggu (25/7/2021) hari ini.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan menyampaikan pihaknya masih melakukan evaluasi secara internal terlebih dahulu.

"Kita lakukan evaluasi dulu," kata Rudi saat dikonfirmasi, Minggu (25/7/2021).

Adapun evaluasi menyangkut apakah nantinya Polri akan melakukan sejumlah pelonggaran di posko penyekatan yang telah terbentuk dari Jawa, Bali hingga Lampung.

Sebaliknya, pihaknya juga masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah terkait perpanjang atau tidaknya kebijakan PPKM level 4 tersebut.

Sebelumnya, Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir Minggu (25/7/2021) hari ini.

Pengumuman perpanjangan PPKM Level 4 yang sebelumnya dinamai PPKM Darurat dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat konferensi pers pada Selasa (20/7/2021).

Perpanjangan PPKM dilakukan mulai Rabu (21/7/2021) hingga Minggu hari ini alias selama lima hari.

Jokowi mengatakan, apabila kasus Covid-19 terus menurun selama masa perpanjangan, maka sejumlah aktivitas akan dibuka secara bertahap.

Baca juga: Pemerintah Diminta Pertimbangkan 3 Aspek Jika Pilih Opsi Pelonggaran PPKM Level 4

Adapun aktivitas yang akan dibuka secara bertahap meliputi kegiatan di pasar tradisional, warung makan, hingga sektor lainnya.

"Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," ujarnya.

Bila merujuk pada pernyataan Jokowi, maka penentu perpanjangan atau pelonggaran masa PPKM bergantung pada data kasus Covid-19.

Jika melihat tren kasus virus corona selama lima hari masa perpanjangan PPKM level 4, tidak bisa dikatakan terus menurun.

Beberapa hari di awal masa perpanjangan memang sempat turun, tapi kemudian sempat naik.

Begitu juga dengan kasus kematian akibat Covid-19 yang cenderung mengalami kenaikan bahkan beberapa kali pecah rekor di atas 1.000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat