androidvodic.com

TNI AL Kerahkan KRI Semarang-594 Untuk Penuhi Kebutuhan Oksigen di Pulau Belitung - News

News, JAKARTA - TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Semarang-594 untuk mencukupi kebutuhan oksigen guna membantu penanganan dan perawatan pasien covid-19 di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Babel pada Selasa (10/8/2021).

KRI Semarang-594 yang merupakan Kapal Rumah Sakit unsur Koarmada I tersebut dilengkapi dengan generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen secara mandiri.

KRI Semarang-594 juga dapat melakukan isi ulang sebanyak 75 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam.

Komandan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung (Danlanal Babel) Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan mengatakan kehadiran KRI Semarang-594 sesuai dengan permohonan akan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh Provinsi Kepulauan Babel.

"Kedatangan KRI Semarang-594 atas koordinasi Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Erzaldi Rosman yang kami teruskan ke komando atas dan merespon dengan mengerahkan KRI Semarang-594 yang tiba hari ini," kata Fajar dalam keterangan Dinas Penerangan Koarmada I pada Rabu (11/8/2021).

Baca juga: Respons TNI AU Soal Tes Keperawanan Dalam Proses Rekrutmen di Lingkungan TNI

Setibanya di perairan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, KRI Semarang-594 lego jangkar, docking/undocking, lalu langsung mengirimkan 10 tabung kapasitas 6 ribu liter oksigen menggunakan LCU (Landing Craft Utility).

Selanjutnya KRI Semarang-594 mengisi 124 tabung kosong kapasitas 6 ribu liter milik Satgas Penanganan Covid-19.

Panglima Komando Armada I Laksda TNI Arsyad Abdullah menjelaskan bahwa pengerahan KRI Semarang-594 merupakan implementasi arahan dan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk selalu mendukung penuh pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

"KRI Semarang-594 tidak hanya mempunyai fasilitas dalam memproduksi oksigen saja namun dilengkapi ruang isolasi dan ruang operasi yang sewaktu-waktu dapat digunakan sesuai kebutuhan," kata Arsyad.

Dengan kemampuan yang ada saat ini, lanjut dia, Koarmada I melalui KRI Semarang-594 berupaya semaksimal mungkin untuk membantu daerah-daerah yang kekurangan pasokan oksigen sesuai instruksi oleh pimpinan TNI AL.

Selain itu, kata dia, bantuan penanganan covid-19 juga dilakukan dengan mengerahkan potensi Pangkalan TNI AL di wilayah kerja Koarmada I guna menggelar vaksinasi massal yang sampai saat ini masih tetap gencar dilaksanakan.

"Tidak menutup kemungkinan KRI Semarang-594 akan mobile, artinya jika sewaktu-waktu daerah lain ada yang membutuhkan, KRI Semarang-594 akan dikerahkan untuk membantu," kata Arsyad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat