androidvodic.com

Gubernur BI Minta Kantor Perwakilan Pacu Digitalisasi UMKM   - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meminta Kantor Perwakilan (KPw) di daerah mengakselerasi digitalisasi UMKM.

Hal itu untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI).

Menurut Perry, BI memiliki peran dalam menghubungkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan ekosistem ekonomi keuangan digital.

"BI berkomitmen menjalin sinergi dengan kementerian dan pemerintah daerah.

Dukungan ini diperkuat kantor-kantor perwakilan Bank Indonesia di seluruh daerah," ucap Perry secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Siapkan NIK, Ini Cara Cairkan BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Antre di eform.bri.co.id/bpum

Sebagai bank sentral, BI juga akan meningkatkan kapasitas UMKM dan mendorong peningkatan permintaan pasar.

“Di Provinsi Sulawesi kita pinya KPw BI Sulawesi Utara bersama KPw BI Sulawesi Selatan, KPw BI Sulawesi Tenggara, KPw BI Sulawesi Tengah, KPw BI Sulawesi Barat, dan KPw BI Gorontalo berkolaborasi dengan Kemendag selaku movement manager, pemerintah daerah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk selaku top brand, serta UMKM se-Sulawesi,” terangnya.

BI terus membantu mempromosikan produk UMKM Sulawesi ke pasar global. 

Langkah nyata itu berupa pendampingan terhadap UMKM dalam penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas, peningkatan akses pembiayaan, serta digitalisasi sistem pembayaran.

"Kami juga telah menandatangani perjanjian kerja sama antara KPw Bank Indonesia di dalam negeri dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) se-Sulawesi," kata Perry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat