androidvodic.com

Video Call dengan Atlet Peraih Emas Paralimpiade, Jokowi Sumringah Ungkap Kebanggaan - News

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa kebahagiaan atas keberhasilan atlet-atlet Indonesia yang berlaga di Paralimpiade Tokyo 2020 melalui panggilan video (video call) dengan peraih medali emas.

Jokowi melakukan panggilan video dengan para atlet dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

Diketahui atlet-atlet parabadminton Indonesia berhasil meraih dua emas, dua perak, dan dua perunggu dalam Paralimpiade Tokyo 2020.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Indonesia, seluruh rakyat Indonesia mengucapkan selamat untuk medali emas cabang para-bulu tangkis ganda putri dan juga ganda campuran, untuk Ratri dan Hary untuk ganda campuran, ganda putri Ratri dan Alim,” ujar Jokowi, Minggu (5/9/2021) dalam video call yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pasangan ganda campuran bulutangkis Indonesia Harry Susanto (kiri) dan Leani Ratri Oktila (kanan) meraih medali emas di Paralimpiade Tokyo, Minggu (5/9/2021). Harry dan Leani  memegang medali emas dan buket Paralimpiade.
Pasangan ganda campuran bulutangkis Indonesia Harry Susanto (kiri) dan Leani Ratri Oktila (kanan) meraih medali emas di Paralimpiade Tokyo, Minggu (5/9/2021). Harry dan Leani memegang medali emas dan buket Paralimpiade. (Koresponden News/Richard Susilo)

Baca juga: Menpora: Hasil Paralimpiade Kontingen Indonesia Lampaui Target DBON

Jokowi mengatakan kabar tersebut sangat menggembirakan dan membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apalagi, ungkap Jokowi, torehan medali emas tersebut mengakhiri puasa emas Indonesia di ajang Paralimpiade sejak 41 tahun lalu.

Tepatnya pada perhelatan Paralimpiade 1980 yang digelar di Arnhem, Belanda.

“Ini kabar yang sangat menggembirakan, sangat membanggakan kita semuanya. Setelah 41 tahun kita bisa kembali meraih medali emas di paralimpiade dan langsung dua emas,” ujar Jokowi.

Raihan dua medali emas bagi kontingen Indonesia masing-masing disumbangkan Leani Ratri Oktila saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah dari nomor ganda putri.

Baca juga: Puan: Terima Kasih Ratri/Khalimatus Telah Buat Indonesia Raya Berkumandang di Paralimpiade

Satu emas lagi didapat Leani Ratri saat berpasangan dengan Hary Susanto dalam nomor ganda campuran.

Dalam pertandingan final ganda putri SL3-SU5 yang berlangsung di Yoyogi National Stadium, Leani/Khalimatus menang atas pasangan Tiongkok, Cheng Hefang/Ma Huihui.

Pasangan Indonesia Leani Ratri Oktila (30)/Khalimatus Sadiyah (21) memberikan hormat saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan bersama di arena Paralimpiade Tokyo 2020, Sabtu (4/9/2021).
Pasangan Indonesia Leani Ratri Oktila (30)/Khalimatus Sadiyah (21) memberikan hormat saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan bersama di arena Paralimpiade Tokyo 2020, Sabtu (4/9/2021). (Koresponden News/Richard Susilo)

Mereka menang dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-12.

Sementara itu, pada pertandingan final nomor ganda campuran SL3-SU5 di tempat yang sama, Leani Ratri Oktila dan Hary Susanto berhasil mengalahkan wakil Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel.

Baca juga: Ketua Paralimpiade Tokyo Ucapkan Terima Kasih, Masyarakat Jepang Tak Berkerumun dan Menjaga Prokes

Pasangan Indonesia tersebut harus bekerja keras sebelum memastikan medali emas dengan skor 23-21, 21-17.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat