androidvodic.com

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Panglima: TNI-Polri Jamin Keamanan Pelaksanaan PON XX di Papua - News

News, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON XX Papua dihadapan 2.401 personel yang terdiri dari TNI dan Polri di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Papua pada Rabu (29/9/2021). 

Ia mengatakan TNI-Polri menjamin keamanan pelaksanaan PON XX Papua.

Untuk itu, kata dia, diperlukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi seluruh aparat keamanan, serta seluruh elemen masyarakat yang ada. 

Baca juga: Tiba di Bandara Sentani Jayapura, Menpora: Saya di Papua Sampai PON Selesai

Hadi menjelaskan bahwa apel gelar pasukan tersebut menjadi bukti komitmen kesiapan dan kesungguhan jajaran TNI-Polri serta Pemerintah Daerah Papua dan instansi terkait lainnya untuk mensukseskan perhelatan PON XX di Papua.

Hadi juga menyampaikan bahwa aparat keamanan juga bertugas mencegah terjadinya penyebaran covid-19 mengingat gelaran nasional tersebut dilaksanakan dalam situasi pandemi.

“Hal ini menyebabkan aparat keamanan tidak hanya melaksanakan pengamanan terhadap jalannya kegiatan, tetapi juga mencegah terjadinya penyebaran covid-19,” kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Jadwal PON XX Papua Hari ini, 30 September 2021: Ada Sepak Bola, Voli Indoor, hingga Basket

Hadi memerintahkan jajarannya untuk memahami seluruh rencana pengamanan, baik terhadap venue, para atlet, official, relawan, penonton, VVIP dan akomodasinya. 

Ia meminta semua unsur Komandan harus meyakinkan prajuritnya memahami tugas dan tanggung jawabnya di sektor pengamanannya masing-masing. 

Hadi juga meminta mereka meyakinkan setiap personel menguasai siapa berbuat apa, dalam setiap situasi.

Baca juga: Update Perolehan Medali PON Papua 2021, Jatim Mengejar di Posisi Ke-4 Menggeser Bali

Ia menekankan agar mereka selalu menggunakan pendekatan kultural, serta kearifan lokal dalam melaksanakan tugas. 

"Saya menaruh harapan yang sangat besar, saya titipkan tugas dan kehormatan didada kalian, seluruh masyarakat menaruh harapan yang sangat besar, bahwa seluruh personel yang bertugas akan melakukan yang terbaik sesuai bidang tugasnya masing-masing melalui pendekatan kultural,” kata Hadi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pangkogabwilhan III, Pangdam XVII/Cendrawasih, Kapolda Papua, Pangkoarmada III, Pangkoopsau III, Danrem 172/PWY, Danlantamal X, Danlanud Silas Papare serta para Pejabat Utama TNI dan Polri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat