androidvodic.com

Jokowi Lantik Megawati Sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN - News

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (13/10/2021).

Mereka yang dilantik yakni Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN. 

Lalu secara ex-officio adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN. Lalu Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto sebagai sekretaris. 

Selain itu Emil Salim, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisworo, Tri Mumpuni, dan I Gede Wenten sebagai anggota Dewan Pengarah.

Acara pelantikan dimulai dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 45/2021 tentang pengangkatan keanggotaan dewan pengarah BRIN oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Dalam Keppres tersebut disebutkan bahwa para anggota Dewan Pengarah BRIN mendapatkan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai peraturan undang-undang.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 12 Oktober tahun 2021 Presiden republik Indonesia Joko Widodo," bunyi Keppres tersebut.

Baca juga: Dukung Jokowi, Wakil Ketua Komisi XI DPR Dorong OJK Tingkatkan Literasi Digital

Setelah pembacaan Keppres, kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

"Bahwa saya akan setia kepada undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus selurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dengan penuh rasa tanggung jawab," bunyi sumpah tersebut.

Untuk diketahui Berdasarkan Perpres Nomor 33 Tahun 2021 disebutkan BRIN terdiri atas Dewan Pengarah dan pelaksana. 

Ketua Dewan Pengarah dijabat oleh unsur Dewan Pengarah Badan yang menyelenggarakan Pembinaan Ideologi Pancasila. 

Sementara Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN dijabat oleh unsur profesional dan/atau akademisi.
Kemudian, sekretaris dan anggota Dewan Pengarah dijabat oleh unsur profesional dan/atau akademisi di bidang penelitian, pengembangan, dan penerapan, serta invensi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi paling banyak tujuh orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat