androidvodic.com

Banyak Hoaks, Skeptis Bisa Jadi Sikap Terbaik Saat Bermedia Sosial - News

Laporan wartawan Tribunnewa.com, Adi Suhendi 

News, JAKARTA - Para pemuda, pelajar, dan masyarakat Indonesia diimbau untuk lebih bijaksana dalam berperilaku di media sosial.

Hal tersebut penting dalam rangka menyikapi meningkatnya informasi yang belum diketahui kebenarannya, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Merujuk pada data Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), jumlah misinformasi atau informasi hoaks selama pandemi meningkat hingga lebih dari 2.000 kasus, dengan 34 persen misinformasi seputar Covid-19.

Hal tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia.

Tercatat ada lebih dari 10 juta pengguna media sosial baru bertambah selama pandemi.

Sehingga, pengguna media sosial di Indonesia pada 2021 mencapai 61,8 persen dari penduduk Indonesia.

Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni mengatakan, sikap terbaik dalam rangka berperilaku baik dan benar di media sosial adalah dengan bersikap skeptis.

Hal tersebut dikatakan Lisda dalam Seminar Literasi Digital, dengan tema "Literasi Digital di Masa Pandemi: Bijak Bersosmed Menanggapi Misinformasi Covid-19” yang digelar secaa Hybrid belum lama ini.

“Sikap yang pertama adalah skeptis, tapi skeptis sehat. Artinya kita harus mencari tahu kebenarannya sebelum menyebarkan," katanya dalam keterangan yang diterima, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Kurun 2 Tahun Pemerintahan Jokowi Ada Hampir 2 Juta Percakapan Tentang Hoaks di Medsos

Kedua, kata dia masyarakat harus senantiasa waspada dan cek latar belakang peneliti atau keahliannya dan berpikir untuk menerima perubahan seputar pandemi Covid-19

"Kita harus selalu awas terhadap klaim yang berlebihan,” ujarnya.

Ketiga, masyarakat harus cermat dan melakukan analisa saat menerima suatu informasi.

"Apakah isi berita ini sama dengan judul beritanya. Apakah yang dibagikan sudah bermanfaat untuk orang lain. Tiga hal ini selain membentengi diri kita sendiri dari misinformasi Covid-19, tapi juga membuat penanganannya menjadi lebih baik,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat